Yuk Cek Apakah Kamu Masuk Kualifikasi Mengikuti Program FSJ

Yuk Cek Apakah Kamu Masuk Kualifikasi Mengikuti Program FSJ

Hallo Leute..!

Setelah membaca artikel kemarin di Kenapa Sih FSJ Dari Indonesia Hanya Bisa 2 Bidang Saja?, gimana nih kalian sudah ada gambaran belum apa itu FSJ? Keuntungannya apa sih kalau ikut FSJ? Terus tugas-tugasnya bagaimana. Nah kali ini, buat kalian yang tertarik untuk mengikuti FSJ, pasti sudah menunggu-nunggu artikel ini. Yuk Cek Apakah Kamu Masuk Kualifikasi Mengikuti Program FSJ di artikel ini. Check this out!

Persyaratan untuk mengikuti program FSJ ini, dibagi menjadi dua. Yaitu syarat utama dan syarat tambahan atau pelengkap. Apa sajakah itu, yuk kita simak di bawah ini :

Syarat Utama

  • Usia 18-27 tahun

Jika kamu adalah pemuda/i berusia diantara 18 sampai 27 tahun maka kamu bisa mengikuti program FSJ. Tetapi untuk pengurusan dokumen Visa harus sebelum usia kamu 27 tahun.

  • Memiliki Sertifikat B1 Dari Goethe Institut

Ini syarat mutlak yang harus kamu miliki. Kenapa B1 bukannya A1 seperti Au Pair? Karena selama kamu mengikuti FSJ, kamu akan tinggal dilingkungan kerja di Jerman yang rata-rata untuk berkomunikasi mereka menggunakan level bahasa B1. Tentunya jika hanya mengandalkan kemampuan bahasa A1 justru akan menyulitkan kamu untuk beradaptasi. Berbeda dengan Au Pair, program Au Pair memang ditujukan bagi orang asing untuk melakukan pertukaran budaya dengan tinggal langsung bersama keluarga Jerman. Jadi jika kemampuan bahasamu masih level A1, hal ini akan lebih dipahami atau dimaklumi.

  • Mempunyai Pengalaman Kerja Dibidang Sosial

Persyaratan ini sangat menunjang kamu untuk membuat Träger tertarik dengan profil kalian. Disarankan untuk memiliki pengalaman kerja atau sukarelawan di bidang sosial minimal 3 bulan. Jika kamu belum memiliki pengalaman magang atau menjadi sukarelawan, Admin sarankan untuk kamu mengambil magang terlebih dahulu di Panti Jompo atau Tempat anak-anak Disabilitas. Jangan lupa untuk minta surat keterangan magang dalam bahasa Inggris ya.

Sementara untuk peserta FSJ di Yayasan Aupair Indonesia Jerman, magang di SLB/Panti Jompo sudah menjadi layanan yang akan didapatkan. Sehingga tidak perlu bingung dan pusing lagi mencari harus dimana magang, serta tentunya pasti mendapatkan Sertifikat keterangan pernah magang. Ada beberapa lembaga sosial yang tidak bisa mengeluarkan Sertifikat. Padahal Sertifikat itu penting sebagai bukti kamu benar-benar magang.  Yuk Cek Apakah Kamu Masuk Kualifikasi Mengikuti Program FSJ di syarat tambahan selanjutnya di bawah ini.

Syarat Tambahan

  • Pas Foto

Pas foto ini digunakan untuk melengkapi formulir aplikasi dari pihak Träger. Usahakan foto yang kamu gunakan, adalah foto formal atau semi-formal dan jangan foto selfie apalagi ditambah penampilanmu saat difoto berantakan. Big No! Hal ini bisa berpengaruh kepada first impression terhadapmu.

  • Surat Keterangan Magang dari Lembaga Sosial

Bagi kamu yang memiliki pengalaman dalam bidang sosial, seharusnya ditunjang dengan surat keterangan yang menyatakan bahwa kamu pernah bekerja, magang atau sekedar menjadi sukarelawan di Lembaga Sosial tersebut.

  • Foto-foto Dokumentasi Saat Pelaksanaan Magang

Disamping harus menyertakan surat keterangan dari lembaga sosial, kamu juga harus melampirkan foto-foto dokumentasi ketika kamu melaksanakan kegiatan tersebut. Misalnya saat kamu berinteraksi dengan anak-anak SLB, usahakan wajahmu kelihatan ya.

  • Paspor

Persyaratan yang selanjutnya, otomatis harus kamu penuhi jika ingin berpergian ke luar negeri. Usahakan masa aktif paspormu di atas 6 bulan ya. Jika masa aktif paspormu hanya tinggal beberapa bulan saja, lebih baik kamu perbarui dulu paspormu agar tidak ribet nantinya.

  • SIM Internasional

Jika kamu mempunyai SIM nasional, kamu bisa mengubahnya ke SIM Internasional lho. Nah jika kamu memiliki SIM internasional, kamu boleh sertakan guys. Tapi jika kamu tidak memiliki, yaudah skip ya persyaratan ini.

  • CV (Daftar Riwayat Hidup)

Usahakan untuk membuat CV kamu dalam bahasa Jerman sesuai level yang kamu kuasai ya guys. Karena jika nantinya kamu sok-sokan memakai bahasa Jerman level tinggi agar terlihat bagus, dan ternyata ketika interview Bahasa Jermanmu tidak sesuai ekspektasi itu justru dapat menjatuhkanmu.

  • Surat Motivasi

Sama hal nya dengan surat motivasi, sebaiknya saat membuat surat motivasi, usahakan motivasi kamu mengikuti program FSJ dengan logis dan jangan terlalu mengada-ada dan yang harus diingat gunakan bahasa sesuai level kamu.

  • Ijazah Terakhir yang Sudah Diterjemahkan ke B.Jerman

Untuk menerjemahkan ijazah kamu ke B.Jerman kamu bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah yang terpecaya, agar ijazah terjemahan kalian diakui. Daftar Penerjemah Tersumpah ini bisa kalian cek di website milik Kedutaan Jerman ya, atau langsung klik link berikut ini :

http://m.jakarta.diplo.de/contentblob/3980974/Daten/8052207/downloaduebersetzer.pdf

  • Formulir dari Träger Jerman

Formulir ini adalah Formulir yang tidak bisa sembarangan kamu dapatkan. Karena Formulir ini biasanya hanya diperoleh bagi lembaga yang telah bekerja sama dengannya. Tapi jangan khawatir masih ada beberapa Träger yang bisa bebas memberikan Formulirnya kepada siapa saja yang ingin mendaftar. Tetapi kesulitannya tidak semua Träger itu menerima Auslander (orang asing), hanya bisa dihitung jari para Träger yang mau menerima Auslander.

Kamu bisa saja mencari para Träger yang membuka pendaftaran secara terbuka, asalkan kamu mau usaha keras dan bisa memahami seluruh situs/website para Träger yang seluruh isinya menggunakan Bahasa Jerman tentunya.

Namun bagi seluruh peserta FSJ dilembaga kami tentu tidak perlu merasa khawatir tentang itu, karena seluruh Aplikasi & Formulir dari para Träger yang telah jelas-jelas menerima dari Indonesia telah bekerja sama dengan kami.

Dan untuk cara pengisian formulir hingga pengiriman ke pihak Trägernya kami bantu J Sehingga peserta cukup saja fokus untuk latihan Interview sebelum dengan pihak Träger, agar bisa lolos dan berangkat ke Jerman sebagai FSJ.

Nah itu guys syarat-syarat untuk mengikuti program FSJ di artikel Yuk Cek Apakah Kamu Masuk Kualifikasi Mengikuti Program FSJ. Jika ada yang kurang jelas kalian bisa leave comment di bawah ya. Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman kalian ya agar lebih banyak yang tau bahwa ke Jerman itu tidak mustahil kok. Pantengin terus next article ya karena Admin masih akan membahas FSJ di minggu ini. See ya..danke schön

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *