Syarat Ausbildung itu Mudah kok!

Syarat Ausbildung itu Mudah kok!

Guten Morgen an alle!

Udah pada dibaca kan article edisi sebelumnya tentang Apa sih Keuntungan Program Ausbildung? Ga ngerti lagi deh, banyak banget keuntungan yang bisa kamu dapetin dari program Ausbildung ini. Makin besar ya keinginan kamu untuk ikut program Ausbildung setelah melihat keuntungan program kemarin? Nah sekarang admin mau kasih tau kamu kalau Syarat Ausbildung itu Mudah kok! Jadi kamu bisa siapin dari sekarang yaa..

Untuk bisa mengikuti program Ausbildung di Jerman, pastikan kamu punya beberapa hal penting di bawah ini ya. Persiapkan diri kamu sebaik mungkin and let’s get it done! Percaya deh, ga ada usaha yang menghianati hasil, dan jangan khawatir, karena Syarat Ausbildung itu Mudah kok! Kamu cuma perlu memenuhi beberapa syarat utama berikut ini :

  • Usia 18-27 tahun
    Sebenernya beberapa perusahaan menerima peserta hingga usia 30 tahun. Hanya saja, Yayasan Aupair Indonesia Jerman (YAIJ) membatasi peserta dalam rentang usia tersebut karena sebelumnya kamu akan mengikuti kelas persiapan Bahasa Jerman terlebih dahulu dan dikhawatirkan jika diatas usia tersebut akan sulit mengikuti proses pembelajaran.
  • Sertifikat Bahasa Jerman disarankan minimal B1
    Untuk program Ausbildung, pihak perusahaan Jerman biasanya meminta peserta memiliki sertifikat Bahasa Jerman B1-B2. Tapi YAIJ bekerja sama dengan salah satu Perusahaan Jerman yang memiliki perwakilan di Indonesia yang mau menerima peserta dengan sertifikat A2. Meskipun demikian, kamu akan mengikuti kelas persiapan bahasa hingga level B2. Tujuannya adalah supaya kamu tak memiliki kendala bahasa saat sudah berada di Jerman, karena kamu akan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari pada saat bekerja dan belajar.
  • Mandiri dan suka tantangan
    Yup! Hal ini sangat penting karena menjalani program Ausbildung membutuhkan rasa tanggung jawab yang besar. Bayangkan saja, kamu di Jerman akan belajar dan juga bekerja (magang) di perusahaan Jerman. Kamu akan berlatih dan belajar bagaimana menjalani kehidupan dan etos kerja di Jerman, sehingga pada akhirnya kamu dapat mengasah skill kamu sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja.

Nah itu dia syarat utama untuk mengikuti program Ausbildung. Gampang kan? Selain syarat di atas, ada beberapa dokumen penunjang yang perlu kamu ketahui.

  • Sertifikat kerja
    Jika kamu memiliki pengalaman bekerja di bidang terkait sesuai yang admin bahas di article Bidang-bidang Ausbildung di Jerman dan memiliki sertifikat kerja, hal itu bisa menjadi nilai plus buat kamu.
  • Terjemah ijazah dalam Bahasa Jerman
    Kamu memerlukan dokumen ini untuk diserahkan ke perusahaan Jerman. Ijazah pendidikan terakhir kamu beserta Transkrip Nilai harus diterjemahkan kedalam Bahasa Jerman oleh Penerjemah yang tersumpah. Ingat ya, jadi ga bisa sembarang penerjemah. Dokumen Ijazah & Transkrip yang diterjemahkan ke Penerjemah haruslah berupa fotocopyan yang telah diberi Legalisir dari pihak Sekolah atau Universitas. Setelah Ijazah & Transkrip sudah berbentuk dalam terjemah Bahasa Jerman, maka kamu baru bisa mengirimkannya ke pihak Perusahaan. Proses Terjemah ini biasanya 3-5 hari, tergantung dari berapa banyak dokumen yang ingin kamu terjemah dan berapa banyak yang sedang penerjemahnya kerjakan. Untuk kepastiannya kamu bisa tanyakan ke pihak Penerjemah Tersumpahnya. Sementara bagi peserta Ausbildung di Yayasan Aupair Indonesia Jerman, mereka tak perlu bingung harus menerjemahkan di mana. Karena kami telah bekerja sama dengan Penerjemah Tersumpah yang bisa menerjemahkan berkas para peserta sesuai waktu yang telah kami tentukan.

Sekarang kamu percaya kan sama admin? Ternyata Syarat Ausbildung itu Mudah kok! Jadi, tunggu apa lagi? Prepare yourself to step outside your comfort zone! “gimana sih prosedur pendaftarannya?” Tunggu yaa, admin kasih informasi di next article, okay?  Leave comment di bawah jika kamu masih ada pertanyaan, dan jangan lupa share article ini ke teman kamu.

Danke und bis später!

 

(Cr: Tirani Jannatul Ma’wa)

14 Comments

  1. Min, ada ga bidang kerja selain yang ada di artikel sebelumnya? mungkin seperti kerja di automobile gitu min, mencakup engineering. Thanks.

    1. Hallo Valendra,
      ada sebenarnya, cuma kebijakan dari pemerintah Jerman untuk Auslander (orang asing) cuma disediakan bidang-bidang tertentu saja kecuali jika kamu saat kamu mendaftar kamu sudah berada di Jerman. Nah peluangmu untuk memilih bidang yang lain lebih besar. Coba kamu kontak Admin Rishka : 0852.1667.6672 (Call/WA) ya untuk info lebih lanjut

  2. Jika belum memiliki pengalaman kerja apakah bisa ikut ausbildung? Dan jika nilai di raport tidak begitu bagus apakah bisa?

  3. Hallo Herr Ayunk. Apakah A2 tidak bisa ? Kata guru les saya sekarang bisa A2. Bagaimana dengan kasus saya ausbildung tapi tinggal dirumah pacar . apakah pacar melampirkan Verplichtungserklarung (maaf susah nyebutnya ) . atau Invitation letter ? .

    Saya lulusan SMK MULTIMEDIA IT apakah masih ada chance.

    Ich warte auf Ihren Brief . Danke

  4. Halo..utk umur diatas 35 th apakah sdh benar2 tertutup kesempatan utk mendaftar ausbildung? Krn sy sangat tertarik utk mengikuti program ini.

  5. Bidang apa saja yg bisa d ikutin ausbuilding??sya pnya kenalan org jerman dan dy blg hrs mempunyain sertifikat A2??kira2 kpn waktu pendaftaran atw mau ikut ausbuilding…

    Danke

    1. Halo Kurnia,
      iya memang harus mempunyai sertifikat min bahasa A2 untuk mengikuti program Ausbildung. kamu bisa hubungi Admin Rishka : 0852.1667.6672 atau Admin Anes : 083808050008 (Call/WA) ya untuk info lebih lanjut ya

  6. Hallo, saya sangat tertarik dengan program au pair / ausbildung di Jerman. Saat ini saya masih bekerja di perusahaan swasta di Bdg. Apakah saya bisa dngan mengambil kursus bahasa di Bdg, kemudian mengikuti program au pair / ausbildung? Untuk umur saya pun thn ini 26 thn. Apakah masih memungkinkan untuk mengikuti program tsb? Tks 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *