Cara Membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional

Cara Membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional

Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional Aupair

Selamat datang di laman website kami para calon traveler dunia!

Traveler Dunia? Iya, traveler Dunia! Melalui program Aupair ini kamu berkesempatan untuk menjelajah dunia dengan budget minim. Sudah membaca banyak informasi mengenai Aupair pada artikel sebelumnya kan? Pada artikel kali ini, kami akan membahas salah satu persyaratan tidak mutlak yang mampu meningkatkan nilai profil kamu sebagai aupair dimata calon Gast Familie, yaitu Surat Izin Mengemudi.

Seperti yang kita ketahui di Jerman jarang sekali ada Motor. Alat transportasi yang digunakan seringkali adalah sepeda, mobil, dan transportasi umum. Ada saja keluarga yang saking sibuknya meminta tolong kepada aupair untuk mengantar anak mereka ke sekolah atau meminta tolong aupair berbelanja kebutuhan sehari-hari di swalayan. Untuk menempuh jarak tersebut beberapa keluarga mengharuskan Aupairnya mampu mengemudikan kendaraan seperti sepeda atau mobil, dan kemampuan mengemudikan mobil dibuktikan dengan surat izin mengemudi. Kamu juga hanya dapat membawa kendaraan ketika di Jerman nanti dengan surat izin mengemudi internasional yang dikeluarkan dari Korlantas Polri Jakarta.

Bagaimana cara mendapatkan Sura Izin Mengemudi Internasional?
Melalui pengalaman para Aupair kami, mengurus SIM Internasional sangat mudah dan cepat. Kamu cukup membawa kelengkapan seperti passpor, KTP, SIM, pas foto ukuran 4×6 dengan latar belakang warna biru dan materai senilai Rp 6.000. Siapkan juga fotokopian dokumen passpor, KTP dan SIM.

Setelah dokumen lengkap, bawa seluruh dokumen tersebut beserta diri kamu sendiri (dilarang diwakilkan) ke Korps Lalu Lintas Polri Bid Redigent Subbid Pengemudi bagian pelayanan SIM Internasional di Jl Letjen MT Haryono Kav 37-38, Jakarta. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengambil tiket antrian, setelah no antrian kamu dipanggil datang ke loket dan menyerahkan seluruh dokumen yang suda kamu persiapkan. Kamu akan diminta mengisi formulir permohonan SIM Internasional, isi form tersebut dan ditandatangani di atas materai. Kemudian kamu tinggal membayarnya ke loket administrasi, biaya pembuatan SIM Internasional per Januari 2014 ini ialah Rp 250.000.

Waktu pengurusannya pun tidak lama, sekitar 15 menit dan kamu sudah bisa membawa pulang Surat Izin Mengemudi Internasional kamu. Setelah itu kamu bisa memampang SIM Internasional kamu di profil aplikasi pencarian GF dan siap-siap mendapat panggilan Aupair di keluarga. Keren kan?

Yuk tunggu apa lagi, segera proses Surat Izin Mengemudi kamu sekarang juga !

Selamat memperjuangkan mimpimu, Go Abroad!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *