Step By Step Mengikuti FSJ

Step By Step Mengikuti FSJ

Pasti kamu yang sudah menggebu-gebu berniat untuk mengikuti program FSJ sudah penasaran ya dengan Step by step mengikuti FSJ. Karena Admin baik hati *narsis hehe jadi hari ini Admin akan kasih info ke kamu semua. Yuk langsung aja kita simak sama-sama.

Ok, udah gak sabar kan ya? Yuk deh langsung aja kita bahas Step by step mengikuti FSJ di Jerman.

  • First step. Ini hal paling dasar banget yang harus kamu lakuin jika kamu ingin mengikuti program FSJ di Jerman adalah Mendapatkan Sertifikat Bahasa Minimal B1. Ingat ya sertifikat bahasa yang diakui oleh Kedutaan Jerman hanya dari Goethe-Institut.

Tetapi jika kamu tidak memiliki basic bahasa Jerman sama sekali lebih baik kamu mengambil kursus bahasa terlebih dahulu. Karena kemungkinannya kecil apabila kamu ingin belajar bahasa Jerman untuk mengikuti ujian sertifikasi bahasa secara otodidak, meskipun kamu memiliki kecerdasan otak di atas rata-rata tidak menjamin kamu akan Lulus. Maka Admin sarankan untuk belajar dengan didampingi guru pembimbing ya, gunanya untuk mengarahkan mu.

Tetapi belajar bersama guru pembimbing saja ‘gak’ cukup, kamu juga butuh pembimbing yang bisa memberikanmu Tips & Trick bagaimana caranya agar kamu bisa lebih siap menghadapi serta Lulus Ujian Goethe Institut.

Nah, sementara para peserta di Yayasan Aupair Indonesia Jerman tak merasa pusing dengan hal itu. Karena disini mereka “gak” hanya sekedar belajar buku utama “Netzwerk”, tetapi ada 3 buku persiapan Ujian serta 4x Try Out simulasi Ujian seperti di Goethe Institut. Sehingga tingkat kegagalan dibawah 10% dan mereka jauh lebih yakin dan siap mental. Itulah juga yang membuat Lembaga kami berani memberikan Garansi Lulus Ujian Goethe Institut.

  • Kita beranjak ke step yang kedua ya dari keseluruhan Step by step mengikuti FSJ. Step yang selanjutnya adalah pengiriman berkas ke Träger. Biasanya para Träger membuka pendaftaran 2 peridoe dalam satu tahun, tiap periode pembukaannya selama 4 bulan.

Jika kamu ingin mengambil keberangkatan pada bulan Agustus/September kamu harus memulai pendaftaran sekitar bulan November (di tahun sebelumnya) – Februari. Misal jika kalian ingin mengambil keberangkatan Agustus/September 2019, maka kamu harus mulai mendaftar pada bulan November 2018 hingga Februari 2019.

Sedangkan untuk keberangkatan di bulan Januari/Februari kalian harus mendaftar di bulan April-Juli pada tahun sebelumnya.

Maksudnya apa sih min mendaftar ke Träger?

Jadi begini guys, saat masa pendaftaran dari Träger dibuka usahakan kamu kirim aplikasi ke Träger sebanyak-banyaknya. Misal saat kamu sudah mendaftar dan melakukan interview di salah satu Träger tetapi ternyata ditolak, Admin sarankan untuk secepatnya kamu mencari Träger lain. Intinya selama 4 bulan, adalah waktumu mencari Träger yang bersedia menerima.

  • Korespondensasi

Setelah kamu mendapatkan Träger yang menerima , maka pada bulan ke-lima kamu biasanya akan dihubungi oleh pihak Träger. Nah biasanya Träger akan memberimu beberapa Institusi dengan keterangan lengkap bidang juga kota di Jermannya. Kamu harus memilih dan memberikan alasannya.

Jawabanmu akan dilanjutkan ke masing-masing Institusinya dan kamu hanya perlu menunggu jawaban dari para Institusi tersebut. Jika lebih dari 1 Institusi yang memilihmu, maka Träger akan bertanya kembali, Institusi mana yang kamu pilih dan apa alasannya.

Nah setelah kamu menetapkan pilihan maka selanjutnya pihak Träger akan mengirim kontrak (Vertrag) ke kalian via email. Setelah itu, mereka akan mengirimkan dokumen aslinya melalui Deutsch post atau DHL. Perlu kamu ketahui, jika pengiriman menggunakan Deutsch Post, itu membutuhkan waktu hampir 2 minggu, sementara DHL selama 1 minggu. Kontrak yang dikirimkan pihak Träger harus kamu pegang terlebih dahulu, sebelum kamu mengajukan visa.

  • Dan yang terakhir alias THE LAST STEP yang tidak kalah menegangkan, adalah VISA. Visa yang akan kamu dapatkan adalah Visa khusus FSJ. Berbeda dengan Aupair, pengurusan Visa FSJ sedikit lebih mudah karena tidak ada Interview yang berbelit-belit dengan pihak Kedutaan. Hanya pengecekan berkas-berkas saja, oleh karena itu jangan sampai satupun berkas-berkas kamu ada yang tertinggal dan terlupakan.

Sementara di Yayasan Aupair Indonesia Jerman, kami selalu membantu peserta menyiapkan segala berkas dan dokumen yang dibutuhkan menjadi 1 map sesuai dengan urutan dari Kedutaan. Bersyukur sejak 2014 hingga saat ini kami tidak pernah mengalami penolakan Visa FSJ, semuanya berjalan lancar dan bahkan Visa keluar hanya dalam 2-3 hari.

Admin akan infokan nanti apa saja berkas-berkas yang harus kamu siapkan ya, ditunggu ya

  • Kalau visa sudah ada di tangan, selanjutnya adalah booking tiket pesawat. Biasanya sebulan sebelum keberangkatan, kalian akan dikabari oleh pihak Träger mengenai berkumpul di bandara mana dan pukul berapa. Misalnya pihak Träger kalian menginfokan untuk berkumpul di Bandara Stuttgart pada pukul 15.00 waktu Jerman dan akan dijemput pada waktu tersebut. Maka kalian harus memesan tiket pesawat untuk penerbangan ke Stuttgart dan harus sudah tiba sebelum waktu yang dijanjikan.

Gimana nih guys? So, Sudah jelas belum info-info yang Admin berikan seputar Step by step mengikuti FSJ? Kalau belum jelas kalian boleh bertanya di kolom komentar di bawah ya, eitsss tapi Admin gaakan menjawab pertanyaan yang sudah Admin bahas di artikel-artikel sebelumnya. Makanya budayakan membaca ya. Danke Schön

 

2 Comments

  1. apakah kegiatan ini sepenuhnya dibiayai oleh pihak jerman atau peserta perlu juga mengeluarkan uang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *