Solusi Cerdas Untuk Kamu Yang Ingin Menuntut Ilmu Dan Merintis Karir Di Jerman

Solusi Cerdas Untuk Kamu Yang Ingin Menuntut Ilmu Dan Merintis Karir Di Jerman

Hallo Freunde. Sudah pada nonton belum video terbaru di channel youtube Yayasan Aupair Indonesia Jerman? Video terbaru tentang Q & A admin Rishka dan Tari yang membahas Ausbildung. Untuk kamu yang belum nonton videonya. Yuk ditonton dulu linknya ada di bawah ya, ada 2 part loh videonya. Dan untuk kamu yang sudah menontonnya tapi belum terlalu paham. Jangan khawatir, admin akan membahas dan mengupas lebih tajam setajam pisau dapur hehe. Yuk langsung aja kita masuk ke pembahasannya.

Di dalam video Q & A admin Rishka dan Tari, mereka membahas serba-serbi Ausbildung. Untuk kamu yang belum tahu Ausbildung, Ausbildung adalah program pelatihan profesi bagi kamu yang ingin merintis karir dan tinggal di Jerman selama 3 tahun. Ausbildung adalah program yang masa tinggal di Jerman paling lama, yaitu selama 3 tahun. Karna diantara 3 program YAIJ sediakan untuk kamu yang ingin pergi ke Jerman, Ausbildung lah yang paling lama. Karna Aupair dan FSJ hanya 1 tahun masa tinggal selama di Jerman. Ingat ya, Jangan sampai salah.

Maka dari itu untuk kamu yang ingin mengikuti program Ausbildung, kamu harus berkomitmen. Tekad kamu harus benar-benar kuat untuk merintis karir di Jerman. Dan selama 3 tahun di Jerman kamu akan 3 hari bekerja dan 2 hari sekolah (Berufshcule) dan tentunya 2 hari libur dong. Jadi jangan khawatir, dengan Ausbildung kamu berkesempatan jalan-jalan ke beberapa tempat di Jerman bahkan sampai ke Negara tetangga Jerman.

 

For you information aja nih, selama 3 hari kamu bekerja kamu bekerjanya di Perusahaan Jerman dan 2 hari belajar (Berufshcule) sesuai bidang yang kamu pilih saat mendaftar Ausbildung. Jadi Ausbildung bukanlah TKI! Jangan sampai salah sangka ya guys.

Admin Rishka menjelaskan bahwa program Ausbildung tidak bisa diikuti oleh wanita yang berhijab. Itu dikarenakan di lingkungan kerja Jerman tidak diperbolehkan mengenakan atribut keagamaan. Ketentuan tersebut ditetapkan oleh Perusahaan di Jerman. Untuk kamu yang berhijab memiliki impian ke Jerman tapi tidak bisa mengikuti Ausbildung, tenang. Kamu masih bisa mengikuti program Aupair ko. Karna program Aupair bisa untuk wanita yang berhijab.

Admin Rishka juga menjelaskan bahwa yang sudah menikah tidak bisa mengikuti program Ausbildung. Ketentuan sebenarnya diperbolehkan tidak ada larangan, bahkan di Jerman banyak diantara mereka yang telah menikah namun baru mengambil program Ausbildung.

Namun perlu diingat ya bahwa teman-teman dari Indonesia adalah Auslander (orang asing – bukan orang EU/asli Jerman) yang artinya memiliki keterbatasan dalam apply programnya.

Apalagi bagi Auslander pasti belum memiliki kemampuan bahasa Jerman, sehingga diwajibkan untuk belajar bahasa dulu dan mengikuti Ujian A2 di Goethe Institut. Di Jerman nanti pun Auslander masih harus belajar untuk beradaptasi dengan budaya dan tata cara kerja yang sangat disiplin. Hal tersebutlah yang dikhawatirkan akan membuat fokus untuk bekerja dan belajar di Jerman terbagi menjadi 2, untuk keluarga dan pekerjaan Azubi.

Ah ya dan kekurangan Ausbildung dari Indonesia, Tempat & wilayah kota bekerja ditentukan oleh pihak perwakilan Perusahaan di Jerman. Sementara bidang sendiri juga tidak terlalu banyak pilihan karna bidang yang dibuka untuk Auslander terbatas.

Nah, untuk kamu yang belum menikah tunggu apa lagi? Ayo wujudkan impian kamu untuk pergi ke Jerman dengan program Ausbildung.

“Mohon maaf untuk teman-teman penyandang disabilitas itu juga gak bisa, itu bukan ketentuan dari YAIJ. Melainkan ketentuan dari pihak kedutaan di Jerman“ – ucap Rishka.

Di dalam video admin Rishka juga menjelaskan bahwa teman-teman penyandang disabilitas tidak bisa mengikuti program Ausbildung. Tapi jangan berkecil hati ya teman-teman. Pasti masih ada impian besar kamu yang bisa kamu wujudkan selain impian pergi ke Jerman. Yuk tetap semangat dan raih impian kamu J

Wanita berhijab gak bisa ikut Ausbildung

Yang udah nikah juga ga bisa

Terus yang bisa ikut program Ausbildung siapa dong? Ultraman?

Tenang, tenang. Jangan emosi gitu dong hehe.

Di dalam video, mba Rishka juga sudah menjelaskan ko siapa saja yang bisa mengikuti program Ausbildung. Yang bisa mengikuti program Ausbildung adalah Pria atau wanita (tidak berhijab) berusia 18-28 tahun.

kalau usia aku udah 27/28 tahun masih bisa ikut gak? Soalnya kan program Ausbildung sampai 3 tahun di Jerman

Untuk kamu yang sudah berusia 27/28 tahun tapi ingin mengikuti program Ausbildung, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu di YAIJ dan mengikuti seleksi. Nanti akan ada pertimbangan oleh pemilik lembaga YAIJ, yaitu Herr Ayunk.

Sudah itu saja persyaratan utama yang bisa mengikuti program Ausbildung melalui YAIJ. Tidak ada syarat khusus seperti minimal lulusan Universitas ternama dengan nilai IPK yang tinggi atau harus memiliki ijasah S1. Itu dikarenakan program Ausbildung adalah program non skill jadi tidak diperlukan basic skill apapun karna kamu akan belajar dan dilatih ketika kamu sudah berada di Jerman.

Mba Rishka mengaku masih banyak sekali orang-orang yang beranggapan Ausbildung dan TKI itu sama. “Kalo misalkan TKI itu visa TKI tapi kalo Ausbildung itu visa Ausbildung“ ucap mba Rishka. Mba Rishka juga menegaskan bahwa program Ausbildung adalah pelatihan profesi, jelas berbeda dengan TKI karna selama Ausbildung kamu juga belajar layaknya bersekolah (Berufschule).

Nah, apakah kamu termasuk orang-orang yang masih salah beranggapan seperti mba Rishka bilang? Semoga gak ya.

Tantangan pertama yang harus disiapkan sebelum mengikuti program Ausbildung adalah mentalnya harus siap, fisik juga harus siap karna kamu akan bekerja selama 8 jam full waktu Jerman. Karna bekerja di Jerman dan di Indonesia berbeda, misalkan kerja di Indonesia masih bisa istirahat kalo ada waktu senggang tapi di Jerman gak bisa. Karna di Jerman benar-benar waktunya kerja ya kerja, istirahat hanya di jam istirahat“ tutur mba Rishka.

Ingat tuh guys, kamu harus benar-benar menyiapkan mental dan fisik sebelum mengikuti program Ausbildung.

Mba Rishka juga menegaskan sekali lagi kalau Ausbildung berbeda dengan TKI. Karena program Ausbildung memiliki beberapa bidang, diantaranya:

  • Gastronomi
  • Teknik Mesin
  • Nurse
  • Panti Jompo

Sebenernya Ausbildung ada 700 bidang yang tersedia, cuman yang diutamakan itu adalah orang Jerman asli dan orang EU. Sedangkan Auslander seperti orang Indonesia, Thailand, Filip dan negara asia lainnya hanya bisa di 4 bidang tambah mba Rishka.

Udah pahamkan sekarang kalau Ausbildung dan TKI itu berbeda? Kalau udah, anggukan kepala kamu ya guys hehe.

Di dalam video, mba Tari bertanya kepada mba Rishka

Misalnya aku ikut program Ausbildung bidang Gastronomi, selama 3 tahun aku ngapain aja?

Misalkan Ausbildungnya di bidang Gastronomi, bagian hotel. Tahun pertama itu kamu dibagian kitchen-nya. Tahun ke dua bagian waiters-nya. Tahun ke 3 bagian management-nya kurang lebih akan seperti itu“ jawab mba Rishka.

Jadi, tahun pertama kamu Ausbildung itu terlebih dahulu kamu akan mempelajari dari dasarnya, ada tahap dan prosesnya. Pastinya kamu akan banyak belajar selama 3 tahun selama Ausbildung dan tentunya kamu akan banyak mendapatkan ilmu yang sangat berharga.

Bukan hanya banyak belajar dan banyak mendapatkan ilmu. Selama Ausbildung kamu juga mendapatkan fasilitas yang seperti dijelaskan mba Rishka, diantaranya:

  • Asrama

Asrama yang cukup untuk 2 sampai 3 orang, jadi kamu gak perlu repot-repot memikirkan biaya untuk tempat tinggal selama di Jerman karna kamu akan mendapatkanya secara GRATIS

  • Makan dan minum

Dalam sehari maximal kamu akan mendapatkan makan dan minum sebanyak 3x yang disediakan pihak Perusahaan di Jerman.

  • Asuransi Kesehatan

Jangan bingung kalau kamu tiba-tiba sakit saat di Jerman karna kamu akan mendapatkan asuransi kesehatan dari pihak Perusahaan

  • Gaji

Karna program Ausbildung adalah program pelatihan profesi, tentunya kamu akan mendapatkan gaji. Gaji bersih sekitar 400-450 Euro dengan setiap tahunnya akan ada kenaikan sebesar 10%

  • Mendapatkan biaya transportasi dari tempat kerja ke Brufschule

Kamu akan mendapatkan biaya transportasi, jadi gaji kamu utuh deh bisa dipakai untuk jalan-jalan keliling Eropa

  • Mendapatkan sertifikat kerja Internasional

Untuk kamu yang sudah menyelesaikan program Ausbildung selama 3 tahun, kamu akan mendapatkan sertifikat kerja Internasional yang bisa kamu pakai untuk melamar kerja di Perusahaan Negara Eropa manapun. Asal sesuai bidang Ausbildung kamu sebelumnya

Banyak sekali ya yang akan kamu dapatkan kalau kamu mengikuti program Ausbildung. Jadi, kapan kamu mau merasakan fasilitas yang didapatkan mengikuti Ausbildung?

Tidak hanya itu semua, mba Rishka juga sedikit bercerita awal mula YAIJ menyediakan program Ausbildung. “Ausbildung perdana dibuka YAIJ mulai tahun ini, Alhamdulillah belom ada peserta Ausbildung dari YAIJ yang dipulangkan ke Indonesia“ ucap mba Rishka.

Perlu kamu ketahui, program Ausbildung ini bukanlah program main-main. Karna program Ausbildung ini memiliki sistem kontrak selama 3 tahun dan masa percobaan selama4 – 6 bulan. Jika kinerja kamu tidak maksimalkan selama masa percobaan, kamu akan langsung dipulangkan ke Indonesia. Dan apabila kamu berhasil melewati masa percobaan selama 6 bulan tapi di tahun pertama kamu mengundurkan diri dari program Ausbildung tanpa menyelesaikan sesuai kontrak, kamu akan dikenakan denda sebesar Rp.50.000.000.

Jadi, untuk kamu yang ingin mengikuti program Ausbildung kamu harus benar-benar berkomitmen kalau kamu ingin merintis karir di Jerman.

Di akhir video juga mba Rishka berpesan untuk para calon peserta Ausbildung di YAIJ “Persiapkan mental, fisik dan attitude kamu sebelum mengikuti program Ausbildung“ ucap mba Rishka.

Nah admin juga gak akan bosen mengingatkan kamu untuk mempersiapkan mental, fisik dan attitude kamu sebelum mengikuti program Ausbildung. Jangan lupa juga semangat kamu mewujudkan impian untuk pergi ke Jerman harus tetap membara.

Cukup segitu dulu ya guys pembahasaan kali ini. Kamu juga bisa nonton langsung video Q & A bersama admin Rishka di youtube channel YAIJ. Jangan lupa untuk kamu yang belum subscribe youtube channel YAIJ, ayo subsrcibe dan nyalahkan lonceng notifikasi agar kamu gak ketinggalan info-info penting lainnya seputar Aupair, FSJ dan Ausbildung.

Kerja 3 tahun di Jerman? Ikut Ausbildung aja! (Part 1):

https://www.youtube.com/watch?v=nn_RXadx2WM

Kerja 3 tahun di Jerman? Ikus Ausbildung aja! (Part 2):

https://www.youtube.com/watch?v=o16UZ1FpU78

 

(Cr: Dodi Al Kusuma).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *