Sifat-Sifat Yang Harus Dihindari Jika Menjadi Aupair Di Jerman

 

Hallo Guys!

Kali ini aku bakal membagikan informasi-informasi yang sangat penting dan berguna bagi kalian yang tentunya ingin dan berniat untuk menjadi Aupair di Jerman. Informasi yang aku angkat ini berasal dari pengalaman-pengalaman peserta aupair baik yang sekarang masih menjadi aupair, ataupun yang sudah selesai masa aupairnya.

Nah kira-kira sifat-sifat apa saja sih yang harus dihindari jika menjadi aupair di Jerman.

Yang pertama, NGAK BOLEH BAPERAN.
Kenapa ngak boleh baperan? Karena kalian bakal susah untuk menjalin hubungan yang baik dengan gast familie atau keluarga asuh. Contohnya nih, saat kalian diminta sama GF kalian untuk mengambil satu barang, dan ketika kalian mengambil barang yang bukan dimaksud. Maka saat itu juga kalian tentunya bakal kena omelan. Yang harus kalian ketahui orang jerman itu sifatnya kalau ia tidak suka maka ia langsung mengatakan di depan orang tersebut secara spontan. Bagi kalian yang baru pertama kali, tentunya hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat menyakitkan, dan bahkan membuat kalian kepikiran pagi, siang, sore, malam. Sehari setelah kejadian mungkin kalian bakal berpikir apakah Gastfamilie masih marah padamu ataupun pikiran-pikiran negatif lainnya.
Nahhh! Sebaiknya pikiran-pikiran seperti itu ataupun baperan seperti itu yang harus kamu buang jauh-jauh. Mengapa? Karena orang Jerman ketika mereka marah dan telah menyampaikan kepada kalian letak kesalahan kalian dimana, maka masalah itu selesai pada saat itu juga. Ngak nunggu sejam ataupun sehari. Maka jangan kaget kalau ia bersikap baik kepadamu setengah jam setelah dimarahi. Yah karena pada dasarnya emang gitu, kalau orang Jerman nga suka nyimpan masalah sampai berlarut-larut.

Yang kedua, GAK ENAKAN ATAU SEGAN.
Seperti yang kamu ketahui rasa ngak enakan atau segan ini udah menjadi budaya Asia termasuk di dalamnya Indonesia. Biasanya rasa ngak enakan ini muncul akibat baperan. Seperti contoh, ketika kalian dimarahi beberapa hari yang lalu, terus hari ini kalian mau keluar jalan-jalan dan pulang agak telat, kalian pengennya ngomong tapi takut dimarahin kayak kemarin, jadinya kalian malah memilih ngak jalan-jalan deh. hal ini tentunya kalau dibiarkan terlalu lama akan menjadi beban buat dirimu sendiri. Dan malah mengganggu fokus dari tujuan awalmu untuk ke Jerman yaitu belajar budaya dan bahasa.

Yang ketiga, GAK BOLEH BOROS.
Kenapa ngak boleh boros? Karena kalian mendapatkan “uang saku” dari GF dan bukan “gaji”. Uang saku yang 260 Euro atau kurang lebih 4 jutaan itu udah dihitung sedemikian rupa untuk keperluan pribadimu selama 1 bulan. Mungkin keperluan untuk membeli kosmetik, atau buat jalan-jalan yang ngak berlebihan. Nah ada baiknya buat kalian ingin lanjut kuliah uang ini dapat di tabung, karena kebutuhan kayak makan, minum, tempat tinggal dan asuransi semuanya udah di tanggung sama keluarga.

Yang keempat, GAK BOLEH MANJA.
Yang namanya jadi Aupair itu sama sekali ngak boleh manja karena aupair itu sendiri yang paling dibutuhkan adalah sikap mandirinya. Contohnya nih, kalian di minta bantuan sama GF untuk menyiapkan sarapan pagi adik-adik asuh, dan kalian malah manja-manjaan kayak : “aduhhh aku ngak bisa buatin sarapan nih, biasanya aku yang disiapin sarapan sama mami/papi aku”. Adanya kalian bisa depak atau di usir Gastfamilienya.

Yang kelima, GAK BOLEH TELEDOR.
Kalian gak boleh sama sekali teledor karena orang Jerman adalah tipikal orang yang sangat menghargai waktu. Mereka gak mau waktunya terbuang percuma untuk hal-hal yang kurang penting atau karena keteledoran kalian. Contohnya kamu dimintai tolong bawakan bekal adik asuh ke TKnya, dan kemudian sampai di TK kalian lupa membawa bekal, adanya kalian bakal dimarahin GFmu saat itu juga. Tipikal orang Jerman juga adalah orang yang sangat mementingkan detail, ada juga beberapa yang bisa dikatakan perfectionis. Mereka sampai-sampai menuliskan jam berapa kamu harus bangun, membuat sarapan, jalan ke TK 5 menit, semuanya diperkirakan secara tepat.

Yang keenam, JANGAN MALAS.
Jangan malas itu udah menjadi hal yang sangat penting dan umum buat kalian yang menjadi Aupair. Kalian jangan sama sekali membawa kebiasaan malas kalian saat tinggal bareng orang lain. begitupun sama sikap suka menunda-nunda. Jerman terkenal dengan orang-orang yang sangat menghargai waktu, dan disiplin. Itulah mengapa kalian harus membuang jauh-jauh sikap negatif tersebut.

Dan yang terakhir, JANGAN TAKUT NGOMONG.
Kalau kalian benar, ngomong langsung ke GF, begitupun sebaliknya kalau kalian salah, jangan takut untuk minta maaf.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *