Prosedur Pendaftaran Ausbildung di Jerman

Prosedur Pendaftaran Ausbildung di Jerman

Hallo Leute!

Welcome back with admin here. Setelah artikel kemarin kamu udah sadar dong kalau ternyata Syarat Ausbildung itu Mudah kok! So, there’s nothing to worry about. Admin yakin nih kamu udah ga sabar untuk tau gimana sih Prosedur Pendaftaran Ausbildung di Jerman? Langsung aja kita bahas yuk..

  1. Kursus Bahasa Jerman
    Seperti yang kamu ketahui, Bahasa Jerman memiliki beberapa tingkatan yaitu mulai dari A1-C2. Level tersebut menunjukan kemampuan kamu dalam berbahasa Jerman yaitu level dasar, menengah, dan atas. Pada level dasar yaitu A1 dan A2, kemampuan bahasa ditunjukkan untuk kegiatan sehari-hari. Pada level menengah yaitu B1 dan B2, kamu diharapkan mulai dapat berdiskusi dan mengutarakan pendapat dengan Bahasa Jerman. Sedangkan pada level atas yaitu C1 dan C2, kamu diharapkan dapat memahami dengan baik artikel ilmiah dalam Bahasa Jerman dan mengutarakan pendapat secara spontan.
    Sementara di Yayasan AuPair Indonesia Jerman, peserta Ausbildung akan mengikuti kelas bahasa dari level A1 hingga B2 lalu mengikuti persiapan ujian untuk mendapatkan sertifikat. Mereka dibekali dengan 3 buku persiapan ujian serta 4x Try Out simulasi Ujian seperti di Goethe-Institut. Dengan persiapan yang matang itulah para peserta menjadi lebih yakin dan siap mental sehingga tingkat kegagalan dibawah 10%. Itulah juga yang membuat Lembaga kami berani memberikan Garansi Lulus Ujian Goethe-Institut.
  1. Ujian di Goethe-Institut (Mengambil Sertifikat Bahasa Jerman)
    Untuk bisa mendapatkan Sertifikat Bahasa Jerman, kamu harus mengikuti ujian di Goethe-Institut. Bagi kamu yang belum tau, Goethe-Institut adalah institut kebudayaan Republik Federal Jerman yang aktivitasnya ada di banyak negara. Mereka turut mengembangkan pengetahuan mengenai bahasa Jerman di luar Jerman dan memelihara kerjasama internasional dalam bidang budaya. Perlu kalian tau bahwa Sertifikat Bahasa Jerman yang diakui hanyalah dari Goethe-Institut. Secara umum, ujian terdiri dari 4 bagian, yaitu hören (mendengarkan), lesen (membaca), schreiben (menulis), dan sprechen (berbicara).
    Seperti yang sudah admin jelaskan di artikel sebelumnya, untuk program Ausbildung, pihak Perusahaan Jerman biasanya meminta peserta memiliki sertifikat Bahasa Jerman B1-B2. Tujuannya adalah supaya kamu tak memiliki kendala bahasa saat sudah berada di Jerman, karena kamu akan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari pada saat bekerja dan belajar.
  1. Membuat Curriculum Vitae (CV)
    Curriculum Vitae (CV) ini merupakan salah satu berkas yang akan diserahkan ke pihak Perusahaan Jerman. CV merupakan sebuah dokumen yang mencakup ulasan singkat yang menggambarkan diri kamu. Secara umum, CV berisi beberapa hal penting antara lain data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, skill yang kamu miliki, pelatihan yang pernah diikuti, prestasi, dan kegiatan lain jika perlu. Perlu diperhatikan bahwa CV yang dibuat harus dalam Bahasa Jerman. CV ini sangat penting karena menjadi langkah awal perusahaan mengenali dan menilai diri kamu sebelum akhirnya memutuskan apakah kamu layak untuk diterima bergabung dengan perusahaan. Maka dari itu, buat CV kamu sebaik mungkin yaa!
  1. Terjemah Ijazah dan Transkrip Nilai
    Masih ingat kan di artikel sebelumnya admin jelaskan bahwa kamu perlu Ijazah pendidikan terakhir beserta Transkrip Nilai yang diterjemahkan kedalam Bahasa Jerman oleh Penerjemah yang tersumpah. Admin ingatkan kembali kalau dokumen Ijazah dan Transkrip Nilai yang diterjemahkan ke Penerjemah haruslah berupa fotocopyan yang telah diberi Legalisir dari pihak Sekolah atau Universitas. Setelah Ijazah & Transkrip sudah berbentuk dalam terjemah Bahasa Jerman, maka kamu baru bisa mengirimkannya ke pihak Perusahaan.
  1. Penyerahan Dokumen
    Nah setelah dokumen kamu siap yaitu Sertifikat Bahasa Jerman, Curriculum Vitae (CV), Terjemah Ijazah pendidikan terakhir dan Transkrip nilai, Prosedur Pendaftaran Ausbildung di Jerman selanjutnya adalah penyerahan dokumen tersebut ke pihak perwakilan Perusahaan Jerman yang ada di Indonesia. Setelah dilakukan pengecekan, mereka akan meneruskan dokumen tersebut ke Perusahaan Jerman terkait. Selanjutnya, para peserta akan melakukan pertemuan dengan pihak perwakilan Perusahaan Jerman yang ada di Indonesia untuk penjurusan bidang Ausbildung yang dipilih.
  1. Visa
    Kalau kamu sudah diterima di Perusahaan Jerman tekait, langkah terakhir adalah pembuatan Visa khusus Ausbildung. Permohonan pembuatan Visa bisa kamu ajukan ke Kedutaan Besar Jerman di Jakarta. Sementara di Yayasan AuPair Indonesia Jerman, kami selalu membantu peserta menyiapkan segala berkas dan dokumen yang dibutuhkan menjadi 1 map sesuai urutan berdasarkan permintaan dari Kedutaan. Untuk keberangkatan Agustus, biasanya pembuatan Visa dilakukan pada akhir Bulan Juni atau awal Bulan Juli. Untuk kelengkapan dokumen Visa akan dibahas di next artikel ya.

Nah, jadi seperti itulah Prosedur Pendaftaran Ausbildung di Jerman. Kalau masih ada yang kurang jelas silakan leave comment di bawah ya. Get out of your comfort zone and make a big change in your life! Jangan lupa share artikel ini ke teman dan kerabat kamu ya, yuk kita ke Jerman sama-sama!

Danke und bis später!

(Cr: Tirani Jannatul Ma’wa)

6 Comments

  1. Hallo..apakah agen ini juga menghubungkan peserta ausbildung dengan perusahaan yang dituju atau peserta mencari sendiri?? apakah diperlukan penjamin visa dan pembuatan akun di deutchbank??

    1. Hallo Ismail, untuk fast respon kamu bisa hubungi Admin Rishka : 0852.1667.6672 atau Admin Anes : 083808050008 (Call/WA) ya untuk konsultasi lebih lanjut ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *