FSJ Jerman

fsj kerja sosial in germany deutschland
gambar hanya ilustrasi

FSJ (Freiwlliges Soziales Jahr) adalah sebuah Program Sosial dari pemuda/ i di luar Jerman untuk bisa merasakan langsung lingkungan kerja di Jerman

Mudahnya memahami FSJ ini adalah bekerja di Jerman dalam bidang sosial, walaupun banyak juga bidang lainnya, seperti Okoligi dll, tetapi untuk sementara saat ini kami hanya menyalurkan FSJ di bidang sosial. Bidang yang kami salurkan terbagi menjadi 2, yaitu di tempat anak-anak penyandang Disabilitas dan Panti Jompo. Program ini hanya bisa di ikuti oleh peserta yang usianya 18-26 tahun. Dan program ini juga lebih kami utamakan bagi laki-laki.

Pada umumnya, Program FSJ mensyaratkan pula Sertifikat Bahasa Jerman minimal level B1, namun ada beberapa Trager (Perusahaan) di Jerman yang memang menerima peserta dari luar Jerman/Eropa dengan memiliki Serifikat Bahasa Jerman minimal level A1/A2. Namun tetap saja, peserta harus memiliki kemampuan bahasa untuk berbicara dengan amat sangat baik, karena Trager yang akan langsung mewawancarai peserta dengan Bahasa Jerman setara level B1. Sertifikat Bahasa Jerman yang harus ditunjukan pun memiliki nilai minimal 80, jika kurang dari 80 maka akan sangat sulit untuk mendapatkan kesempatan Interview dengan Trager. Tidak hanya Sertifikat Bahasa yang diperlukan, tetapi Pengalaman Sosial peserta juga menjadi perhitungan bagi Trager. Untuk bisa menarik perhatian Trager, kami sarankan bagi peserta untuk memiliki pengalaman dibidang sosial minimal 3 bulan, dimanapun itu.

Program FSJ berlangsung selama 1 tahun, karena Visa yang didapat pun hanya berlaku selama 1 tahun, sama seperti Aupair. Hanya saja Visa FSJ termasuk kedalam kategori Visa pekerja, bukan Visa khusus. Jam kerja Aupair dan FSJ juga berbeda, FSJ memiliki jam kerja 40 jam/minggu dan tinggal di Asrama milik Trager, bukan dengan keluarga.  Berbeda pula dengan Aupair, FSJ tidak bisa mendaftar kapanpun. FSJ memiliki 2 kali periode pendaftaran setiap tahunnya, yaitu bulan Februari – Maret dan Agustus – September. Namun dokumen dan berkas pendaftaran lengkap harus dikirimkan 6 bulan sebelumnya.

Misalnya saja sebagai contoh : Anda ingin memulai FSJ Anda di Jerman pada bulan Agustus – September 2016 tahun ini, itu artinya dokumen lengkap Anda harus sudah dikirim ke Jerman pada bulan Januari 2016, melalui email atau pos dan Anda akan mendapatkan Interview dari Trager (Perusahaan) di Jerman pada bulan Februari – Maret 2016. Jika Anda lolos dalam hasil Interview, maka Anda berkesempatan untuk berangkat ke Jerman pada bulan Juli, begitupun sebaliknya.

FSJ bisa menjadi salah satu Program yang membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan di Jerman. Karena FSJ ini bisa menjadi pengalaman Anda selama 1 tahun sebelum Anda nantinya Ausbildung (Magang Bekerja). Karena syarat bekerja di Jerman adalah Anda harus Ausbildung terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar menjadi karyawan tetap, dibidang apapun itu. Sementara syarat untuk Ausbildung adalah Anda harus memiliki pengalaman 1 tahun dibidang yang Anda ingin Ausbildungkan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan PENGALAMAN BEKERJA di JERMAN, FSJ lah jalan TERBAIK untuk bisa meraihnya.

Mungkin Anda masih berpikir bahwa FSJ hanya memiliki keuntungan dapat bekerja di Jerman, tentu tidak hanya itu. Anda akan mendapatkan KEUNTUNGAN yang jauuuuh lebih BESAR dari yang Anda bayangkan. Berikut Keuntungannya :

  1. Mendapatkan Uang saku 300 – 500 Euro
  2. Mendapatkan Asrama untuk Tinggal
  3. Mendapatkan 26 hari cuti dalam 1 tahun
  4. Mendapatkan kartu FSJ yang bisa digunakan untuk masuk museum/wisata
  5. Mendapatkan 25 kali Seminar di Jerman/Negara tetangga lainnya
  6. Mendapatkan Sertifikat Bekerja yang bisa digunakan untuk pekerjaan selanjutnya
  7. Menjadikan diri Anda lebih Mandiri
  8. Berpeluang kerja di Jerman
  9. Mendapatkan Asuransi Kesehatan selama 1 tahun
  10. Mendapatkan banyak teman dari seluruh penjuru dunia

Sebelum Anda ingin mendaftarkan diri Anda pada Program FSJ ini, maka siapkan Syarat dibawah ini :

  • Usia 18-26 tahun, single
  • Memiliki Sertifikat Bahasa Jerman Min A2, Disarankan B1
  • Memiliki Pengalaman di bidang sosial min 3 bulan

Selain 3 syarat mutlak tersebut, ada juga beberapa dokumen pelengkap lainnya :

  • Pas Foto
  • Keterangan Surat Magang dari suatu Lembaga Sosial dalam bahasa Inggris
  • Foto-foto Dokumentasi saat Magang
  • Paspor berlaku
  • CV dalam bahasa Jerman
  • Surat Motivasi dalam bahasa Jerman
  • Ijazah terakhir yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman
  • Sim Internasional *jikaada*
  • Aplikasi Trager di Jerman

Bagi Anda yang tertarik dengan Program FSJ, Anda bisa langsung menghubungi Admin kami Annur  di 08875324274 atau Masayu di 083890954520, dan telfon melalui kantor kami di 021-78893635.

 

8 Comments

  1. Selamat siang, saya skrg sedang bekerja sebagai seorang karyawan, dan saya tidak mempunyai pengalaman dbidang sosial ? apa bisa ? thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *