Persiapan Mental Sebelum Program Aupair/FSJ/Ausbildung

Persiapan Mental Sebelum Program Aupair/FSJ/Ausbildung

Guten Tag an alle!

Sebelum mengikuti program dan berangkat ke Jerman, salah satu hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan adalah Persiapan Mental Sebelum Program Aupair/FSJ/Ausbildung. “Kenapa penting?” “Bukankah aku sudah memiliki Sertifikat Bahasa Jerman sebagai bekal utama?”    

Bahasa memang menjadi gerbang utama kamu bisa mengikuti Program tersebut, tetapi ada bekal pendukung yang juga tidak boleh kamu sepelekan. Alasannya yang pasti karena kamu akan merasakan perbedaan lingkungan tempat tinggal, dari Indonesia menuju Jerman. But wait, jangankan ketika berada di Jerman, saat mengikuti program saja kamu sudah harus mempersiapkan mental kamu dengan baik. Kenapa dan apa saja yang perlu kamu persiapkan?

  • Mandiri

    Selama mengikuti program, kamu yang berasal dari luar daerah bisa tinggal di mess yang kami sediakan atau beberapa memilih kost pribadi. Di sini kamu dituntut untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru dan juga lebih mandiri karena tidak lagi tinggal bersama orang tua dan keluarga. Hal ini bisa menjadi masalah bagi orang yang tidak biasa melakukan segala sesuatunya sendiri lho! Jika kamu terbiasa manja dengan orang tua, yuk segara ubah sikap kamu. Asah kemandirian kamu selama mengikuti program, agar ketika di Jerman nanti kamu bisa survive meskipun harus tinggal seorang diri tanpa keluarga. Are you ready to make a change?

  • Terbuka dan perbanyak teman

    Meskipun terpisah dari keluarga, bukan berarti kamu benar-benar seorang diri. Sikap terbuka penting agar kamu memiliki banyak teman. Jangan menutup diri dan hanya berdiam di kamar. Kamu bisa melakukan banyak hal bersama agar tidak merasa kesepian sehingga mencegah perasaan homesick.  Kamu juga butuh sikap ini ketika sudah berada di Jerman agar kamu bisa merasakan kehidupan di Jerman yang sesungguhnya. Kamu bisa belajar budaya, karakter orang Jerman, travelling bersama, memperluas relasi, dan mereka bisa membantu ketika kamu menemui kesulitan.

  • Jangan baper

    Cukup biasakan mengambil hal positif dan evaluasi diri. Jangan semua hal kamu masukkan ke hati ya guys. Seperti saat menjalani proses program, kamu akan melakukan beberapa kali interview baik dengan Gast Familie bagi peserta Aupair, interview dengan Trager bagi peserta FSJ, perwakilan Perusahaan Jerman di Indonesia bagi peserta Ausbildung, serta dengan Kedutaan Besar Jerman ketika pengurusan Visa. Jika usai interview kamu mendapat hasil yang tidak sesuai harapan, maka jangan baper dan putus asa. Justru kamu harus tetap semangat dan evaluasi diri kamu serta memperbaikinya. Kamu yang masih suka baper-baper, cepat tinggalkan sikap ini ya!
    Ketika kamu sudah tiba di Jerman pun tetap buang jauh-jauh sikap baper, mungkin ketika kamu tinggal bersama Gast Familie kamu akan mengalami situasi dimana kamu dimarahi atau dinasihati, disinilah kamu perlu ambil hal positif dan jangan baper lalu ingin pulang. NO! Mungkin kamu juga akan menemui hal yang tidak menyenangkan di tempat kerja kamu baik FSJ atau Ausbildung, kamu hanya perlu relax dan selesaikan dengan baik tanpa baper. Keep it in your mind! Seperti salah satu peserta Aupair kami, Bintang, mengalami penolakan Visa sekaligus Banding. Namun dia tidak patah semangat hingga akhirnya bisa berangkat ke Jerman. Putri, pada awalnya mengalami hal yang tidak diharapkan seperti Gast Familienya adalah tipe orang yang sangat Perfectionis, sehingga apa yang dilakukannya selalu saja salah, namun setelah mengenal Gast Familienya lebih dalam dan menjadikannya sebagai evaluasi diri hingga selanjutnya mereka memperlakukan Putri dengan sangat baik, karena ia tau bahwa itu adalah semacam tes di awal untuk mengetahui karakter Putri.

  • Kerja keras

    Sejak mulai proses belajar di Yayasan Aupair Indonesia Jerman, tanamkan sikap kerja keras agar segala proses lancar dan bermanfaat saat kamu di Jerman. Seperti yang kita tahu, orang Jerman dikenal sebagai sosok pekerja keras, maka kita harus bisa menyamai mereka agar kita dihargai dan melatih kepribadian kita menjadi lebih baik.

  • Attitude

    Kesiapan mental seseorang dapat dilihat dari attitude nya, bagaimana orang tersebut memberi respon atau bertindak terhadap situasi yang menimpanya. Mulai sekarang belajarlah untuk memiliki attitude yang positif agar terefleksi ke dalam kehidupan sehari-hari. Terapkan dimana pun dan kepada siapa pun. Akan percuma bila kamu memiliki skill/pekerjaan bagus tetapi dengan attitude yang buruk, orang di sekelilingmu tidak akan menyukainya. Maka, bangunlah possitive attitude ditunjang dari beberapa poin di atas pula. Believe that a positive attitude is the guide to leading a positive life.

Ketika berada di lingkungan baru, apalagi itu adalah negara di Eropa, memiliki 4 musim dan orang-orang dengan berbagai karakter, bukan tidak mungkin bagi kamu untuk mengalami culture shock dan homesick. Oleh karena itu, kamu perlu belajar untuk mengatur diri dan disini lah pentingnya Persiapan Mental Sebelum Program Aupair/FSJ/Ausbildung. Semoga bermanfaat dan bisa kamu terapkan ya!

Viele Grüße

(Cr: Tirani Jannatul Ma’wa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *