Lihat Apa yang Mereka Lakukan di Kelas Ausbildung

Lihat Apa yang Mereka Lakukan di Kelas Ausbildung

Hallo Leute!

Jika sebelumnya Yayasan Aupair Indonesia Jerman memiliki kelas Aupair dan FSJ, pada awal tahun ini, kami membuka kelas baru yaitu kelas Ausbildung. Yuk kita Lihat Apa yang Mereka Lakukan di Kelas Ausbildung. Meskipun kelas Ausbildung Periode Maret 2018 ini adalah kelas perdana, tapi antusiasme pemuda/i Indonesia sangat luar biasa, dilihat dari banyaknya jumlah applicant. Kalian tahu apa artinya? Ya, seiring perkembangan zaman ini orang-orang dari seluruh penjuru dunia berkompetisi untuk mendapatkan pendidikan dan pekerjaan yang terbaik bagi dirinya, termasuk pula pemuda/i dari Indonesia yang semakin giat bersaing untuk bisa mendapatkan pengalaman internasional baik untuk belajar maupun bekerja.

They deserve a lot of respect and appreciation. Mengambil langkah keluar dari zona nyaman, melihat dunia dan segala sesuatu dari perspektif lain, serta meningkatkan kualitas dirinya untuk dapat mengabdi kembali ke tanah air. Mereka tidak hanya bermimpi, tapi bangun untuk mewujudkannya. Bagaimana dengan kalian?

Para peserta kelas Ausbildung Periode Maret 2018 adalah mereka yang beruntung dapat diterima dan merasakan kelas perdana. Dari sekian banyak applicant, hanya sekitar 13 orang yang diterima. Kami memang membatasi kuota peserta dalam setiap kelas, demi keefektifan proses pembelajaran. Karena kami memberi garansi berangkat ke Jerman, maka kami juga mempunyai kualifikasi tersendiri dalam proses seleksi.

Pada awalnya, calon peserta wajib mengisi formulir pendaftaran serta melampirkan dokumen pendukung seperti ijazah terakhir, KTP, Passport (bagi yang sudah punya), dll. Tahap selanjutnya adalah interview dengan herr Ayunk (pemilik yayasan) dan interview Bahasa Inggris. Interview tersebut dilakukan via Skype atau langsung di Kantor YAIJ. Proses interview bertujuan untuk mengenal calon peserta lebih dalam, mengetahui skill dan juga attitude nya. Selanjutnya, tinggal menunggu pengumuman hasil apakah kamu diterima atau tidak. Jika kamu belum diterima, jangan patah semangat, karena kamu bisa mencoba lagi di periode selanjutnya.

Para peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Semarang, Malang, Jakarta, Kalimantan, Padang, dan bahkan NTB. Beberapa dari mereka mendaftar dari jauh hari sebelum kelas dimulai, seperti Angelica, registrasi pada tanggal 4 Desember 2017. Bidang yang mereka ambil juga berbeda-beda, sesuai dengan minat masing-masing, baik di bidang Hotel, Resort, Restaurant, atau Altenpflege. Mereka memulai kelas pada tanggal 1 Maret 2018 dan akan berakhir pada bulan Juni. Di kelas Ausbildung, mereka belajar secara intensif Bahasa Jerman dari level A1 hingga B2 dan akan mengikuti ujian B1 di Goethe-Institut. Setelah sertifikat sudah di tangan, mereka akan melakukan interview dengan perwakilan Perusahaan Jerman di Indonesia dan keberangkatan para peserta ini dijadwalkan pada bulan Agustus 2018.

Sejauh ini, para peserta sangat antusias dalam mengikuti kelas. Karena pembelajaran dilakukan secara intensif, per hari 1 bab, maka pada malam harinya mereka mengulang kembali materi yang sudah diberikan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal memang perlu usaha keras ya teman-teman. Meskipun jadwal padat, namun mereka juga memiliki kegiatan lain seperti halnya kelas Aupair dan FSJ, yaitu Joggen dan Cooking Class setiap sebulan sekali. Tunggu update nya yaa..

Jika kalian tertarik mengikuti program setelah Lihat Apa yang Mereka Lakukan di Kelas Ausbildung, persiapkan dokumen dan diri kamu dengan baik, jika ada pertanyaan silakan leave comment di kolom komentar. Bis morgen!

 

(Cr: Tirani Jannatul Ma’wa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *