German Day : Kata Siapa Belajar Bahasa Jerman itu Ngebosenin?

German Day : Kata Siapa Belajar Bahasa Jerman itu Ngebosenin?

Hallo liebe Freunde

Pasti kalian yang sudah mengikuti media sosial YAIJ entah itu facebook, youtube atau instagram pasti tau kalau para peserta di YAIJ gak melulu belajar dan belajar. Kami juga mengadakan kegiatan cooking class untuk para peserta disamping untuk refreshing otak juga untuk melatih kemandirian serta kekompakan mereka. Penasaran dengan apa itu Cooking Class? Kalian bisa baca di artikel Cooking Class, Bertukar Ilmu Memasak Peserta Aupair & FSJ

Nah kali ini, kami perdana mengadakan kegiatan German Day. Apa itu German Day? German Day adalah sebuah kegiatan untuk melatih dan mempraktekan skill bahasa jerman yang sudah mereka pelajari di kelas dan untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang Jerman. Beda dengan kegiatan cooking class yang mengharuskan para peserta memasak jika di German Day, kegiatannya bermacam-macam. Ada games, nonton film Jerman, one day auf deutsch  dan praktek sprechen (berbicara) dengan native speakers langsung.

Di German Day kali ini, yang diadakan hari sabtu, 14 April 2018 ada 7 peserta yang mengikuti German Day. Untuk German Day edisi perdana ini, kami mengadakan fun games untuk para peserta yaitu permainan tebak kata kerja dan tebak angka. Untuk tebak kata kerja, rules permainannya adalah peserta akan menebak kata kerja dalam bahasa jerman yang diperagakan oleh salah satu temannya dengan bantuan gerakan ataupun gambar. Permainan ini bertujuan untuk memperbanyak hafalan Verben (kata kerja), yang sangat berguna bagi peserta. Jadi kata siapa, belajar itu harus di kelas di depan buku? Belajar juga bisa dengan cara menyenangkan kok.

Untuk permainan kedua, adalah tebak angka. Rules permainannya adalah peserta akan mulai berhitung sesuai dengan angka , apabila angka ganjil maka peserta hanya perlu tepuk tangan saja tanpa menyebutkan angkanya. Permainan ini bertujuan untuk melatih konsentrasi peserta dan membantu peserta untuk menghapalkan angka-angka. Walaupun terlihat sederhana, tapi permainan ini sangat seru karena beberapa peserta ada yang kurang konsentrasi sehingga salah menjawab dan mendapatkan hukuman.

Kedua permainan tersebut punya peraturan yang sama untuk memberi hukuman pada peserta yang kalah. Peserta yang kalah diharuskan menjadi tutor, menjelaskan satu materi kepada peserta yang lainnya. Sedangkan untuk peserta yang menang, pastinya akan mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi.

Daaannnnn…. peserta yang mendapatkan hukuman karena kalah dalam permainan adalah Wur, peserta program Au Pair periode April yang berasal dari Palu. Dia memilih untuk menjelaskan Bagaimana cara membaca alfabet dalam Deutsch. Tenang aja, dalam permainan ini ada Frau Widya (Tutor A1) yang juga ikut bermain dan mendampingi. Jadi jika Wur ada salah-salah dalam menjelaskan akan langsung dikoreksi oleh Frau Widya dan oleh peserta yang lainnya juga. Dan yang menang nih, mereka dapat hadiah Cake dan dimakan bersama-sama deh.

“Acaranya seru banget, disamping bisa main bareng tapi juga sekalian menghafal Verben. Apalagi dapat kue dan snack-snack, lumayan lah anak kos. Tapi sayang banget banyak teman-teman yang berhalangan hadir, semoga nanti bisa ikutan yah di next German Day. Danke!” Ungkap salah satu peserta, Cintya peserta program Au Pair periode April yang berasal dari Malang.

Oke deh, sekian dulu ya liputan tentang German Day edisi perdana kali ini. Kamu bisa lihat video lengkapnya di link berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=C8Nyodrrv3I . Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya. Vielen Dank! Tschüss

(Cr : Ardaneswari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *