FSJ vs. Ausbildung, Pilih Mana?

FSJ vs. Ausbildung, Pilih Mana?

Guten Tag!

Berdasarkan artikel-artikel sebelumnya, admin sudah bahas mengenai 3 program yang bisa mewujudkan mimpi kamu untuk ke Jerman. Nah kali ini admin akan review dan compare antara kedua program yaitu FSJ vs. Ausbildung, Pilih Mana?

Ada yang masih ingat tentang program yang satu ini? Yup! Freiwilliges Soziales Jahr (FSJ) merupakan sebuah program kerja sosial di Jerman yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para remaja dari luar Jerman untuk mengenal dunia kerja di Jerman serta meningkatkan rasa sosial yang dimiliki. Program ini memberi kesempatan kamu untuk melakukan volunteer di panti jompo dan bagi anak-anak disabilitas.

Nah kalau program Ausbildung ini tentunya masih hangat dong di pikiran kamu. Admin ingatkan lagi ya sebagai review, jadi program Ausbildung adalah sebuah program bekerja sambil belajar (magang) selama 3 tahun di sebuah Perusahaan Jerman. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada remaja dari luar Jerman tentang bagaimana menjalani kehidupan dan etos kerja di Jerman sehingga dapat mengasah skill kamu sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja. Melalui program ini kamu berkesempatan untuk praktek dan belajar di bidang Hotel, Resort, Restaurant, dan Altenpflege.

Hmm.. menurut kamu, antara FSJ vs. Ausbildung, Pilih Mana? Sebenarnya nih guys, bukan masalah program mana yang lebih baik, tapi kembalikan lagi ke tujuan awal kamu pergi ke Jerman untuk apa? Jika kamu ingin bekerja dan meniti karir di Jerman, maka memilih program Ausbildung adalah langkah yang tepat karena kamu berkesempatan untuk mendapat kontrak selama 3 tahun meliputi praktek di perusahaan dan belajar teori sesuai bidang yang kamu pilih di Berufschule. Setelah kamu selesai, maka kamu dapat memperbarui kontrak menjadi pegawai tetap di sana atau perusahaan lain yang kamu mau. Tetapi kamu harus mempersiapkan diri dengan baik, karena menjalani program Ausbildung membutuhkan rasa tanggung jawab yang besar. Tanggung jawab penuh dalam bekerja sekaligus sebagai pelajar. Seperti halnya kuliah, kamu akan menemui beberapa kali ujian teori maupun praktek. Materi dan pengajaran pun disampaikan dalam Bahasa Jerman. Persiapan bahasa, kemandirian, dan rasa tanggung jawab adalah hal yang wajib kamu penuhi.

Kalau tujuan kamu adalah untuk kuliah, maka program FSJ lebih cocok untuk kamu untuk menjadi batu loncatan kamu bisa kuliah di Jerman. Kamu bisa memperkuat skill Bahasa Jerman kamu dan belajar beradaptasi serta mengenal lingkungan kerja di Jerman tanpa dibebani pekerjaan yang berat seperti pada Ausbildung. Selain itu, kontrak kerja kamu hanya 1 tahun jadi setelah itu kamu bisa melanjutkan kuliah. Meskipun demikian, kamu juga bisa loh setelah program FSJ melanjutkan ke program Ausbildung. Jika kamu mengambil bidang Altenpflege saat FSJ dan melanjutkan program Ausbildung pada bidang yang sama, maka kamu tidak perlu menjalani program selama 3 tahun melainkan kamu bisa menyelesaikannya selama 2 tahun.

Jadi kesimpulannya, kedua program itu baik dan memiliki keunggulan masing-masing, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan tujuan kamu datang ke Jerman. Let me know your choice! FSJ vs. Ausbildung, Pilih Mana? Leave comment di bawah ya. Oh ya guys, untuk besok admin akan post artikel tentang kegiatan para peserta di Yayasan Aupair Indonesia Jerman. So, always do your best cause giving up is not an option!

Viel Glück

(Cr: Tirani Jannatul Ma’wa)

2 Comments

  1. Assalamualaiakum
    Perkrnalkan saya laily dari jawa timur.
    Kak, saya mau tanya untuk programnya ausbildung yg kesehatan tidak ada ya??
    Saya juga kurang terlalu faham dengan perbedaan dr fsj dan ausbildung sendiri.
    Mohon jawabannya ya kak
    (0812-1661-2284)
    Trimq kasih kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *