Dokumen Kelengkapan Permohonan Visa FSJ

Dokumen Kelengkapan Permohonan Visa FSJ

Hallo Leute..

Masih ingat kan jumat kemarin Admin sudah kasih info ke kamu step by step. Nah untuk artikel hari ini Admin akan membahas tentang Dokumen Kelengkapan Permohonan Visa FSJ bagi kamu yang tertarik mengikuti program FSJ terutama untuk kamu yang dalam proses permohonan visa. Admin harap informasi ini akan membantu kalian. Untuk kalian yang lebih tertarik mengikuti program Au Pair, dan sedang dalam proses pengajuan Visa Au Pair. Admin sudah pernah bahas disini ya, jadi Admin tidak perlu membahas lagi.

Pada dasarnya Visa Au Pair dan Visa FSJ kurang lebih sama, tapi yang membedakan adalah persyaratan dari pihak Gast-Familie untuk Au Pair dan Träger untuk FSJ. Apa sajakah itu? Mau tau kan? Let’s check this out :

Sebelumnya persyaratan dokumen untuk pengajuan Visa FSJ dibagi menjadi 3 poin, yaitu dari pemohon (kamu), Träger, dan dari Kedutaan Besar Jerman.

  • Pemohon (Kamu)

Dokumen-dokumen yang harus kamu lengkapi  untuk mengajukan Visa FSJ adalah sebagai berikut :

*Daftar Riwayat Hidup

Untuk CV ini sendiri, kamu gak perlu tuh menghiasnya dengan segala macam bentuk template. Cukup buat yang simple tapi padat dan jelas saja ya guys.

*Sertifikat Bahasa

Untuk kalian yang ingin mengikuti program FSJ, seperti yang sudah Admin singgung sebelumnya jika kalian wajib hukumnya memiliki sertifikat bahasa minimal level B1 untuk mendaftar pada Trager. Tetapi untuk pengajuan Visa ke Kedutaan minimal Sertifikat A1.

*Surat Motivasi

Surat motivasi ini berisi mengenai data singkat pribadi kita mulai dari nama, asal dan yang paling utama adalah alasan kamu mengapa kamu ingin mengikuti Program FSJ, kapan dan dimana kamu akan mulai FSJ di Jerman. Apa saja yang akan kamu lakukan disana dan rencana kamu setelah selesai FSJ. Dalam grammar bahasa Jerman yang kamu gunakan sewaktu membuat surat motivasi juga harus kamu perhatikan. Gunakanlah level bahasa sesuai kemampuanmu.

*Surat Keterangan Bekerja

Poin ini hanya sebagai penunjang. Jika kamu sebelumnya pernah bekerja maka kamu diharuskan melampirkan surat keterangan bekerja. Tapi ini tidak berlaku jika kalian belum pernah sebelumnya.

*Pasfoto

Kamu bisa cek di web kedubes dulu ya guys, takut kalau ada perubahan sewaktu-waktu. Nanti dibawah Admin bakal kasih link web resmi Kedubes Jerman

*Paspor

Jangan lupa bawa yang asli dan yang sudah difoto copy juga ya untuk jaga-jaga. Dan untuk paspor kalian yang masa berlakunya tinggal 6 bulan lagi atau bahkan kurang, mending diperpanjang dulu aja deh biar gak jadi ribet di belakang.

 

  • Träger

Dokumen Kelengkapan Permohonan Visa FSJ yang selanjutnya adalah dari pihak Träger. Nah ini nih yang membedakan permohonan visa untuk Au Pair dan untuk FSJ. Tidak seribet Visa Au Pair, untuk Visa FSJ dokumen yang harus kamu lengkapi dari Träger sebagai syarat untuk kamu mengajukan Visa FSJ adalah Vertrag (Kontrak). Dan vertrag ini haruslah yang asli, jadi usahakan sebelum kamu mengajukan visa kamu harus sudah menerima hardcopy vertrag dari Träger yang sudah menerimamu. Lagi nih, perbedaan yang lain untuk Visa Au Pair dan Visa FSJ adalah ketika kamu mengajukan Visa FSJ kamu tidak perlu melakukan interview dengan pihak kedutaan.

  • Kedutaan Besar Jerman

Formulir yang sudah disediakan oleh pihak Kedubes, kamu bisa langsung aja mendownload di web resminya kedubes Jerman (http://www.jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/Startseite.html)

Penerimaan permohonan visa melalui kedutaan akan dikenakan biaya proses visa, yang tidak akan dikembalikan jika visa ditolak. Biaya visa dibayar tunai dalam Rupiah:

– € 60 untuk dewasa (mulai 18 tahun)

– € 30 untuk anak-anak di bawah usia 18 tahun

Pada beberapa kasus (contohnya untuk suami atau isteri warganegara Jerman atau EU) visa diberikan secara gratis.

Gimana guys? Dokumen Kelengkapan Permohonan Visa FSJ kalian sudah lengkap belum? Gampang-gampang susah kan untuk mengurus Visa FSJ? tapi kamu tetap tidak boleh menyepelekan lho guys, walaupun terlihat gampang tapi sebenarnya butuh persiapan yang matang. Karena kalau tidak, semua perjuanganmu akan gagal hanya karena visamu ditolak. Para peserta di YAIJ juga gitu lho guys, proses mereka tidak berhenti sampai dipengurusan Trager saja, tetapi untuk proses Visanya juga kami bantu persiapkan, bahkan hingga keberangkatan mereka, terkadang kami mengantarnya.

Kami juga menjaga hubungan kami dengan para peserta meski mereka sudah berada di Jerman, dan kami memiliki Grup Whatsapp tersendiri untuk mereka agar mereka bisa saling berhubungan dengan para Alumni-Alumni Aupair maupun FSJ.

Ok deh guys, ada yang masih kurang jelas? Kamu bisa tanyakan langsung ke Admin dengan leave comment di bawah ya. Oh ya segera mungkin Admin udah mulai membahas Ausbildung  lho, hayo yang mau kepo tentang apa itu Ausbildung, kok bisa program ini bisa membuatmu merasakan kuliah sekaligus bekerja di Jerman?

Kapan min artikelnya? Makanya Stay tune aja ya guys..pantengin terus update an dari Admin jangan nge-kepoin feeds instagram  gosip melulu hehe…see ya Danke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *