Dokumen Kelengkapan Berkas Visa Au Pair

Dokumen Kelengkapan Berkas Visa Au Pair

Hallo Leute..

Apa kabar kalian di hari Sabtu ini? Masih semangat untuk merealisasikan mimpi kalian ke Jerman kan? Setelah Admin share all about Au Pair kemarin, apakah kalian sudah mengambil langkah untuk semakin dekat dengan Jerman? Biar gak cuma jadi khayalan, yuk buat mimpimu jadi nyata. Tenang saja, Admin akan selalu bantu kalian dengan sharing info-info berguna seputar program yang bisa bikin kalian ke Jerman. Gak melulu harus pakai beasiswa kan ya untuk ke Jerman dengan budget pas-pasan, kalian yang orang biasa pun bisa kok asal niat dan mau berusaha hehehe

Untuk mengawali hari yang cerah ini *di daerah kantor YAIJ sih cerah hehe*, Admin akan melengkapi informasi-informasi seputar Au Pair kemarin mulai dari pengertian, step by step, dan masih banyak lagi *makanya yang belum baca, baca dulu ya*. Nah hari ini Admin akan bahas tentang Dokumen Kelengkapan Berkas Visa Au Pair, apa aja sih? Mau tau kan? Let’s check this out :

Sebelumnya persyaratan dokumen untuk pengajuan Visa Au Pair dibagi menjadi 3 poin, yaitu dari pemohon (kamu), GF (Gast-Familie), dan dari Kedutaan Besar Jerman.

  • Pemohon (Kamu)

Dokumen-dokumen yang harus kamu lengkapi  untuk mengajukan Visa Au Pair adalah sebagai berikut :

  1. Daftar Riwayat Hidup

Untuk CV ini sendiri, kamu gak perlu tuh menghiasnya dengan segala macam bentuk template. Cukup buat yang simple tapi padat dan jelas saja ya guys.

2. Sertifikat Bahasa

Di artikel sebelumnya, kita kan udah bahas sebenarnya  persyaratan dari kedutaan kamu harus memiliki minimal sertifikat bahasa A1. Tapi Admin lebih menyarankan untuk memiliki sertifikat bahasa minimal A2, karena dengan segala pertimbangan yang tidak perlu Admin jelaskan lagi karena sudah Admin bahas sebelumnya.

3. Surat Motivasi

Ini nih salah satu poin paling penting dan yang paling riskan. Kenapa? Karena surat motivasi ini merupakan salah satu poin yang menentukan visamu bakal diterima ataukah ditolak selain interview. Bukannya mau bikin kamu tambah insecure, Admin sama sekali tidak ada maksud seperti itu. Admin hanya ingin kalian lebih aware aja terlebih sama point ini, karena apabila kalian salah menyebutkan alasan mengikuti program Au Pair saja atau motivasi kalian mengikuti program Au Pair dinilai terlalu mengada-ada maka kemungkinan visamu ditolak semakin besar. Bahkan ketika membantu peserta YAIJ saat mengajukan visa, kita benar-benar mempersiapkan dengan matang hingga mencocokkan motivasi peserta dengan backgroundnya. Kok segitunya sih Min? Ya karena YAIJ memberi GARANSI berangkat ke Jerman. Jadi, kita membantu persiapan para peserta dengan matang hingga kesalahan kecil saja kita perhatikan agar tidak menghambat peserta untuk segera berangkat ke Jerman.

4. Surat Keterangan Bekerja

Poin ini hanya sebagai penunjang. Jika kamu sebelumnya pernah bekerja maka kamu diharuskan melampirkan surat keterangan bekerja. Tapi ini tidak berlaku jika kalian belum pernah bekerja sebelumnya.

5. Pasfoto. Kamu juga bisa cek di web kedubes dulu ya guys, takut kalau ada perubahan sewaktu-waktu. Nanti dibawah Admin bakal kasih link web resmi Kedubes Jerman.

6. Paspor. Jangan lupa bawa yang asli dan yang sudah difoto copy juga ya untuk jaga-jaga. Dan untuk paspor kalian yang masa berlakunya tinggal 6 bulan lagi atau bahkan kurang, mending diperpanjang dulu aja deh biar gak jadi ribet di belakang.

  • Gast-Familie (GF)

Dokumen Kelengkapan Berkas Visa Au Pair  yang harus kamu lengkapi selanjutnya dari calon GF kamu sebagai syarat untuk kamu mengajukan Visa Au Pair adalah sebagai berikut :

  1. Einladung (Undangan)

Undangan ini semacam kayak surat undangan yang menyatakan bahwa Calon GF mu mengundang kalian untuk menjadi bagian dari keluarganya sebagai Au Pair. Sekaligus menandakan bahwa kamu sudah memiliki GF di Jerman, sehingga sesampainya kamu di Jerman tidak lontang-lantung tanpa tujuan dan yang pasti pihak Kedubes juga tidak akan menerima visamu jika kalian belum mendapatkan GF.

2. Vertrag (Kontrak)

Kontrak ini berisikan perjanjian atau kesepakatan apa saja yang kamu sepakati dengan calon GF kamu. Dan kontrak ini harus kamu benar-benar pahami isinya, karena kemungkinan besar akan ditanyakan saat interview.

3. Versicherung (Asuransi Kesehatan)

Asuransi Kesehatan ini adalah asuransi kesehatanmu selama kamu menjadi Au Pair di Jerman. Dan asuransi ini harus dibayar oleh GF mu sebelum kalian mengajukan visa. Tuh kurang enak apalagi? Kurang percaya apalagi? Belum berangkat aja, kalian udah dibuatin asuransi kesehatan di Jerman pula. Di indonesia saja belum tentu kamu punya asuransi kesehatan yang bisa menjaminmu saat kamu sakit kan hayo ngakuu. Makanya buat kalian yang masih meragukan Au Pair, mending buang jauh-jauh deh pikiran negatif kalian.

4. Meldebescheinigung

Duh belibet ya bacanya hehe intinya ini tuh semacam Kartu Keluarga gitu di Jerman. Jadi dokumen ini akan membuktikan kalau disana kamu akan mempunyai adik asuh. Karena meskipun kamu sudah mendapat GF, tapi jika keluarga tersebut tidak mempunyai anak maka kamu tetap tidak bisa melanjutkan untuk mengajukan Visa Au Pair.

  • Kedutaan Besar Jerman

Kalau Dokumen Kelengkapan Berkas Visa Au Pair  dari pihak Kedubes tidak terlalu ribet kok. Formulir yang sudah disediakan oleh pihak Kedubes, kamu bisa langsung aja mendownload di web resminya kedubes Jerman (http://www.jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/Startseite.html)

Ok deh guys, ada yang masih kurang jelas? Kamu bisa tanyakan langsung ke Admin dengan leave comment ya. Semoga artikel Dokumen Kelengkapan Berkas Visa Au Pair ini bermanfaat untuk kalian yang akan mengurus visa. Oh ya minggu depan Admin udah mulai membahas FSJ lho, hayo yang mau kepo tentang apa itu FSJ, kok bisa program ini bisa membawamu ke Jerman? Stay tune aja ya guys..pantengin terus update an dari Admin jangan nge-kepoin feeds instagram melulu hehe…see ya Danke

 

8 Comments

  1. Hi kak….
    Aku senang sama artikel2 kakak ttg aupair hehehe. Aku punya masalah nih, kebetulan aku baru pindahan rumah banget, dan ada beberapa dokumen aku yg keselip, salah satunya adalah ijazah asli aku. Org tua aku gak pernah kasih aku pegang dokumen asli karena aku termasuk orang yg clumsy hehehehe. Dan……bener aja, aku (mungkin) kehilangan harta yang paling berharga itu, dan sekarang, aku cuma fotocopyan yang udah di legalisir aja.
    Apakah nanti pas aku kumpulin berkas2, harus ada yang asli nya atau foto copyannya aja boleh? Aku bingung banget 🙁 Thx in advance yaaaa.

    1. Hallo Bonita,
      Untuk masalah ijazah jika memang benar-benar hilang kamu bisa terlebih dahulu lapor ke pihak sekolahmu langkah apa yg harus kamu ambil Dan untuk masalah berkas, kamu bisa langsung konsul aja ke admin kita ya Rishka : 0852.1667.6672 (Call/WA) ya

  2. kak, mau nanyak nih.. misalkan kalau aku udah jadi aupair di jerman selama batas maksimalnya (setahun) terus aku mau perpanjang visa lagi dengan famili yg sama atau beda caranya gimana kak?

    terus misalkan aku mau kuliah di jerman sambilan jadi aupair bisa gk kak?

    yg terakhir aku juga mau tanyak, kalau misalkan aku udah selesai jadi aupair selama setahum terus mau cari kerjaan lain gimana caranya kak? kerjaan yang cocok buat mantan aupair apa sih kak?

    tolong dijawab ya kak.. hehehe maaf kebanyakan nanyak.. makasih kak ^_^

    1. Hallo Kartika,
      batas maksimal kontrak Au Pair itu satu tahun, kalau sudah Au Pair tidak boleh mengambil Au Pair lagi di keluarga yg sama maupun berbeda. kalau masih mau tinggal serumah dengan GF itu bisa dibicarakan dengan GF tapi statusnya sudah bukan Au Pair.
      Ketika Au Pair tidak boleh sambil kuliah ataupun ambil neben job (kerja sampingan). Mbak sudah ada sertifikat min A2?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *