Cowok Sulit Ikut Au Pair, FSJ Jalan Keluarnya

Cowok Sulit Ikut Au Pair, FSJ Jalan Keluarnya

Dari kemarin kita sudah mengupas tuntas segala hal yang berhubungan tentang Au Pair, kan guys. Nah biar kalian gak bosen nih “masa dari kemarin Au Pair mulu Min?”, dan juga banyak nih dari kalian yang request ke Admin buat bahas FSJ. OK deh karena Admin baik hati dan tidak sombong hehe maka artikel kali ini Admin akan membahas tentang FSJ. Artikel ini juga sekaligus menjawab pertanyaan cowok sulit ikut Au Pair, FSJ jalan keluarnya. Secara garis besar dulu aja ya, detailnya nanti aja nunggu respon kalian. Kalau kalian nggak ngrespon ya gak Admin terusin hehe

Kita mulai dari pengertian FSJ dulu yaaa,  FSJ merupakan singkatan dari Freiwilliges Soziales Jahr. Apakah itu? Berbeda dengan Au Pair, yang merupakan program pertukaran budaya sedangkan FSJ itu semacam program kerja sosial sebagai volunteer atau relawan di Jerman, bidang yang disediakan untuk orang luar Eropa (Auslander) adalah panti jompo dan anak-anak disabilitas.

Hah? Panti jompo? GAK USAH NEGATIVE THINKING DULU! Ini nih kebiasaan yang kayak gini, yang bikin kalian gak pernah kesampaian ngewujudin mimpi kalian ke Jerman.  Yang namanya relawan, tugas kalian hanya mendampingi para pekerja di sana. Karena pada dasarnya program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan para remaja di luar Jerman untuk mengenal dunia kerja di Jerman dan meningkatkan rasa sosial yang dimiliki.

Di Jerman pun nantinya kalian akan bertemu dengan para peserta FSJ dari negara lain, karena peserta FSJ bukan hanya dari Indonesia saja guys. Jadi disamping kalian bisa terjun langsung untuk berkomunikasi memakai bahasa Jerman dalam kehidupan sehari-hari, kalian juga bisa saling bertukar kebudayaan dengan para peserta FSJ yang lain. Ini adalah salah satu keuntungan dari sekian banyak keuntungan yang akan kalian dapatkan dari program FSJ lho guys. Keuntungan selengkapnya, akan Admin bahas di next article yaa, ingetin Admin makanya. Jadi buat kalian para cowok yang bermimpi ke Jerman, kalian bisa bilang “Cowok Sulit Ikut Au Pair, FSJ Jalan Keluarnya”.

Perbedaan yang lain dengan program Au Pair adalah jika sertifikat bahasa yang dibutuhkan oleh kalian yang ingin mengikuti program Au Pair adalah sertifikat bahasa A1. Sedangkan untuk kalian yang ingin mengikuti program FSJ, kalian harus mempunyai sertifikat bahasa Jerman minimal level B1.

Kenapa harus B1? Ya karena kalian disana itu belajar bagaimana lingkungan kerja di Jerman, kalau kalian hanya mengandalkan sertifikat A1 atau A2 kalian akan kelabakan sendiri. Yang ada mereka pada ngomongin apa, kamu nyautnya apa. Hal ini bisa berakibat miskom lho guys, dan miskom itu bisa berakibat fatal. Bayangin aja misal nih kamu dimintain tolong untuk mengantar seorang lansia ke kamar, tapi kalian malah mengantarnya ke tempat lain padahal saat itu waktunya istirahat. Kesel gak kalau kamu jadi mereka. Dan yang perlu kalian tau, orang Jerman itu kalau marah ya marah banget tapi kalau sudah ya sudah jadi buang jauh-jauh tuh sikap baper kalian.

Selanjutnya, jadi guys kalau ingin join program FSJ kalian berhubungan langsung dengan Träger  di Jerman. Träger adalah istilah yang digunakan di Jerman untuk penyedia layanan pencarian tempat kerja untuk Program FSJ. Berbagai lembaga, institusi atau perusahaan yang menawarkan program FSJ di tempat mereka akan menghubungi Träger dan menjelaskan kriteria FSJ yang diperlukan. Kriteria untuk mendaftar pun berbeda-beda tiap Träger. Mulai dari dokumen yang dibutuhkan sampai Level Bahasa Jerman kalian.

Oleh sebab itu proses pendaftarannya memakan waktu yang lama. Jadi fungsi Träger sebenarnya adalah sebagai jembatan penghubung antar penyedia lapangan kerja buat FSJ dan kalian yang ingin bekerja sebagai FSJ/BFD.

Jadi kesimpulannya buat kalian yang ingin mendaftar FSJ, maka harus melalui Träger terlebih dahulu. Dan apabila dokumen-dokumen kalian lengkap dan kualifikasi kalian cukup bagus, berkas-berkas kalian akan diteruskan ke lembaga, institusi atau perusahaan yang membutuhkan tenaga/keterampilan kalian. Masih belum paham juga? Tenang nanti Admin akan bikin artikel sendiri khusus membahas step by step cara untuk join program FSJ ini.

Ok guys, semoga artikel “Cowok Sulit Ikut Au Pair, FSJ Jalan Keluarnya” bisa membantu kalian para pemimpi Jerman khususnya para cowok. Sekian dulu artikel kali ini ya Guys. Jangan lupa leave comment ya guys, biar Admin tau nih info apa yang ingin kalian ketahui sekalian biar Admin ada bahan nulis hehehe. Kalau kalian cuma jadi silent reader, Admin jadi bingung guys mau bahas apalagi jadi budayakan membaca dan sampaikan opini kalian ya kritik saran juga boleh kok. Danke schön..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *