Cooking Class, Bertukar Ilmu Memasak Peserta Aupair & FSJ

Cooking Class, Bertukar Ilmu Memasak Peserta Aupair & FSJ

Guten Morgen an alle!

Apa saja sih rutinitas para peserta program di Yayasan Aupair Indonesia Jerman? Apakah setiap hari hanya pergi ke kelas untuk belajar Bahasa Jerman? Jenuh dong? Obviously no, guys! Disamping belajar secara intensif, banyak hal lain yang para peserta lakukan sebagai fun activities yang bermanfaat. Kali ini admin menyapa kamu untuk share sisi lain dari rutinitas para peserta program di YAIJ.

Kamu tidak perlu khawatir akan datangnya kejenuhan selama mengikuti program, karena kami telah menyusun beberapa kegiatan untuk meningkatkan skill kamu sekaligus mempererat kekeluargaan diantara peserta program dan Tim YAIJ. Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan setiap sebulan sekali pada akhir pekan adalah Cooking Class, Bertukar Ilmu Memasak Peserta Aupair & FSJ.

Mengapa kami mengadakan kegiatan tersebut? Selain sebagai fun activity untuk merefresh otak setelah belajar terus menerus, kegiatan tersebut akan meningkatkan skill memasak para peserta yang tentunya akan bermanfaat ketika mereka sudah berada di Jerman. Perlu kamu ketahui bahwa para peserta program di Yayasan Aupair Indonesia Jerman berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan adanya kegiatan Cooking Class, mereka dapat saling bertukar ilmu memasak dan menu dari daerahnya, serta suatu saat dapat dipraktekkan ketika berada di Jerman.

Seperti beberapa pekan lalu, para peserta program Aupair dan FSJ beserta Tim YAIJ melaksanakan kegiatan Cooking Class ini. Saat itu, kelompok yang beranggotakan Yuliani, Shelvi, Faris, dan Nia mendapat giliran untuk memasak. Mereka ingin mengenalkan menu khas dari daerah Faris yaitu Solo, sehingga mereka memilih Selat Solo sebagai main course. Sebagai dessert mereka membuat pudding berisi buah strawberry dengan topping vanilla vla. Hmm yummy!

Kegiatan Cooking Class juga bisa melatih team work loh, seperti para peserta kemarin, mereka membagi tugas dalam proses memasak antara lain pre-cooking, main course, dessert, dan plating. Saat pre-cooking, ia bertugas mengecek bahan-bahan masak, memotong sayur, dll. Sedangkan saat proses memasak main course, ia melakukan perebusan sayur, membuat saus, menggoreng kentang dan galantin, dll. Shelvi yang bertanggung jawab pada dessert membuat puding beserta vanilla vla. Selanjutnya, mereka melakukan plating dan menyajikannya. Semua peserta dan tim sangat antusias untuk mencicipi menu yang disajikan. Mereka menyantap satu per satu hingga semua makanan habis dan semua orang pun senang. Tak lupa, mereka  bekerja sama untuk membereskan semua peralatan yang digunakan dan merapikannya kembali. Kegiatan Cooking Class berlangsung dengan seru dan penuh canda tawa diantara peserta dan tim. Mereka pun siap untuk memulai kembali rutinitas belajar dengan pikiran yang fresh.

Ada juga manfaat lain dari kegiatan ini loh, yaitu dokumentasi dari kegiatan yang dapat dilampirkan saat pengiriman berkas kepada agen atau Gast Familie di Jerman. Karena saat proses pencarian keluarga bagi peserta program Aupair, mereka perlu melampirkan beberapa foto yang terdiri dari berbagai kegiatan yang dilakukan peserta tersebut. Untuk selanjutnya, Cooking Class akan diadakan pada bulan Maret tanggal 10, jadi stay tune terus yaa.

Vielen Dank

(Cr: Tirani Jannatul Ma’wa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *