Bidang-bidang Ausbildung di Jerman

Bidang-bidang Ausbildung di Jerman

Hello Leute…

Masih ingat kan article sebelumnya tentang Ausbildung, Alternatif ke Jerman Selain Kuliah? Udah tau kan Ausbildung itu apa? Nah sesuai janji admin, kali ini admin akan bahas lebih lanjut tentang Bidang-bidang Ausbildung di Jerman. Yuk langsung aja kita kupas tuntas.

Sebenernya Bidang-bidang Ausbildung di Jerman sangat variatif dan terdiri dari berbagai macam jenis profesi.  Tapi tidak semua bidang bisa di-apply oleh Ausländer (orang asing) berdasarkan regulasi dari pemerintah Jerman. Eiits tapi kamu tetap punya kesempatan untuk mengikuti program Ausbildung loh, karena kamu bisa pilih Bidang-bidang Ausbildung di Jerman berikut ini :

  1. Hotel
    Jika kamu memiliki passion di bidang perhotelan, ada dua spesialisasi yang tersedia, yaitu sebagai Hotelfachmann/-frau (hotel expert) atau Hotelkaufmann/-frau (hotel manager).

 

  • Hotelfachmann/-frau
    Proses pembelajaran dilakukan selama 3 tahun. Kamu akan belajar dari dasar mulai dari tugas di resepsionis, layanan kamar dan restaurant. Selanjutnya, kamu akan belajar tentang perencanaan kerja di hotel dan bagaimana mengelola tamu hotel. Sebagai Hotelfachmann/-frau, kamu akan bekerja sama dengan semua departemen di hotel, mengatur dan mengawasi staff, serta belajar pembukuan dan warehousing. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang pengembangan dan pemasaran hotel. Mata pelajaran yang terkait adalah Matematika (berkaitan dengan pembuatan invoices dan cashier), Bahasa Jerman, dan Bahasa Inggris yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait.
  • Hotelkaufmann/-frau
    Proses pembelajaran juga dilakukan selama 3 tahun. Kamu akan mempelajari bagaimana menjalankan bisnis hotel dan mengkoordinasi beberapa departemen di hotel. Tugas utama yang akan kamu pelajari adalah tentang komersial dan organisasi. Kamu akan terlibat dalam bagian Accounting, Purchasing, dan Human Resources. Mata pelajaran yang terkait antara lain Matematika (berkaitan dengan accounting, purchasing dan administrasi), Bahasa Jerman, Bahasa Inggris, dan Ekonomi (berkaitan dengan perencanaan pembelian, warehousing, dan investasi).
  1. Resort
    Di bidang resort, kamu akan belajar untuk menjadi event organizer. Kamu juga akan belajar di bagian dapur serta mendekorasi acara-acara tertentu seperti pernikahan maupun pesta ulang tahun. Sama seperti di hotel, kamu akan belajar di Berufschule selama 3 tahun.
  1. Restaurant
    Nah kalau kamu menyukai bidang ini, kamu akan dididik menjadi Restaurantfachmann/-frau (restaurant specialist) selama 3 tahun. Kamu akan mempelajari cara mendekorasi meja, menyambut tamu, memberikan rekomendasi pilihan makanan dan minuman, serta menerima pesanan. Kamu juga akan belajar menyajikan makanan dan minuman serta membuat bill (tagihan). Selain itu, kamu juga dilatih untuk mengembangkan menu restaurant dan menyiapkan acara khusus seperti pernikahan atau penjamuan dan memastikan prosesnya lancar. Mata pelajaran yang terkait adalah Matematika (terkair pembuatan  invoices dan cashier), Bahasa Jerman, dan Bahasa Inggris.
  1. Altenpflege
    Kalau kamu memiliki jiwa sosial yang tinggi, bidang ini sangat cocok untuk kamu. Di sana kamu akan belajar memberikan asuhan keperawatan untuk lansia, melakukan konseling bagi yang membutuhkan, memotivasi mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari,  dan membantunya melakukan berbagai kegiatan, misalnya bertemu dengan dokter, makan, atau meminum obat. Terkadang, bersama dengan rekan yang lain kamu juga akan merancang kegiatan tertentu bagi lansia seperti olahraga ringan atau kegiatan lain.

Gimana guys? Asik banget ya kayanya kalau bisa belajar dan mengaplikasikan langsung ilmu yang diperoleh di perusahaan-perusahaan tersebut. Jadi, udah nentuin belum Bidang-bidang Ausbildung di Jerman yang sesuai buat kamu? Besok admin akan bahas tentang keuntungan Ausbildung ya.. So stay tune ya. Jangan lupa share article ini ke temen-temen kamu dan kalau masih ada pertanyaan silakan leave comment di bawah. Danke und Tschüss!

(Cr: Tirani Jannatul Ma’wa)

13 Comments

  1. setelah ausbildung 3 tahun, apa diperbolehkan tetap lanjut kerja di tempat sblumnya? lalu stlah ausbildung apa boleh lanjut kuliah?

    1. Hallo Rizky,
      jika kinerja mu baik, kemungkinan besar setelah Ausbildung kamu akan langsung direkrut kerja tapi jika kamu menolak itu kembali lagi pada pilihanmu. Untuk info lebih lanjut kamu bisa konsultasi ke Admin Rishka : 0852.1667.6672 (Call/WA) ya

    1. Halo Humaira,
      iya kita membatasi peserta per kelas yaitu 10 peserta saja. kamu bisa konsultasi lebih lanjut dengan admin konsultasi Admin Rishka : 083808050009 atau Admin Anes : 083808050008

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *