Berniat ke Jerman? Ini Waktu yang Tepat untuk Mengikuti Program Aupair/FSJ

Berniat ke Jerman? Ini Waktu yang Tepat untuk Mengikuti Program Aupair/FSJ

Hallo Leute! Wie geht’s?

Aupair merupakan program yang menjadi favorit bagi pemuda/i Indonesia yang memiliki mimpi ke Jerman. Bagaimana tidak, Au Pair adalah sebuah Program Pertukaran Budaya yang dilakukan oleh perempuan single, banyak pula yang tak ingin menunda waktu Aupair mereka, karena Aupair memiliki persyaratan mutlak, yaitu berusia 18-27 tahun. Tujuan utamanya adalah untuk belajar dan memperdalam Bahasa Jerman serta budaya Jerman dengan tinggal langsung bersama keluarga Jerman selama 1 tahun. Melalui Program ini, kamu bisa ke Jerman tanpa uang jaminan, tanpa ribet, karena syarat utamanya kamu hanya perlu sertifikat Bahasa Jerman level A1.

Banyak diantara para peserta yang menjadikan Program Aupair sebagai batu loncatan untuk melanjutkan kuliah atau bekerja di Jerman. Alasannya, mereka dapat mempersiapkan bahasa, mental, serta adaptasi dengan lingkungan terlebih dahulu untuk menghindari homesick dan culture shock. Persiapan bahasa dilakukan dengan mengikuti kursus bahasa selama mengikuti Program Aupair, serta dengan menerapkan Bahasa Jerman untuk berkomunikasi sehari-hari. Sedangkan persiapan mental dan adaptasi tentu akan terbentuk dengan tinggal langsung di Jerman. Kamu juga akan lebih leluasa dalam mengumpulkan informasi, karena kamu bisa mengikuti seminar-seminar yg diadakan oleh universitas dan bisa mendatangi universitasnya langsung. Di sana pun kamu akan memiliki banyak kenalan dan relasi sehingga bisa membantumu untuk mencari lebih banyak informasi, referensi tempat tinggal, cara berhemat ala orang Jerman, dan informasi lainnya. Program FSJ pun cocok bagi kamu laki-laki yang ingin mengenal Jerman terlebih dahulu. Baca informasi mengenai FSJ di sini ya.

Mengetahui keuntungan dari Aupair/FSJ tersebut, teman-teman ini datang ke Yayasan Aupair Indonesia Jerman untuk mengikuti kelas yang telah dimulai pada tanggal 1 April 2018. Kelas tersebut adalah Kelas Peserta Program Aupair/FSJ yang terdiri dari 8 peserta Aupair dan 3 peserta FSJ. Mereka belajar Baha Jerman dari level A1-B1 selama 3 bulan, yang akan berakhir pada bulan Juni, dan menempuh ujian A2 di Goethe-Institut. Para peserta Program Aupair/FSJ ini sebelumnya belum memiliki basic Bahasa Jerman sama sekali. Kira-kira bagaimana ya pengalaman mereka belajar Bahasa Jerman untuk pertama kalinya? Yuk kita simak apa kata para peserta berikut ini!


Bagaimana kesan pertama belajar Bahasa Jerman?

Miftah : “Bagi aku yang baru pertama kali, belajar Bahasa Jerman itu menyenangkan, karena memang hal ini yang aku tunggu-tunggu. Cara mengajar gurunya bagus, semoga kedepannya bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Teman-teman peserta yang lain juga menyenangkan, enak untuk diajak diskusi.”

Chintya : “Jujur aku pusing, karena sebelumnya belum pernah belajar Bahasa Jerman. Tapi karena guru yang mengajar menjelaskan per bagian dengan baik, jadi sedikit demi sedikit aku bisa menangkap materinya.”

Apa alasan kamu mengikuti Program Aupair/FSJ??

Miftah : “Aku ikut Program FSJ karena ingin mengenal Jerman terlebih dahulu selama 1 tahun. Mengasah kemampuan bahasa dan beradaptasi dengan lingkungan. Aku berencana melanjutkan Ausbildung setelah FSJ. Jadi, aku ingin belajar mengenal lingkungan kerja di Jerman sebelum benar-benar terjun di dunia kerja seperti jika mengikuti Ausbildung.”

Chyntia : “Aku ingin mengenal bahasa dan budaya Jerman melalui Program Aupair ini, mempersiapkan diri lebih matang untuk studi lanjut di Jerman. Semoga semuanya bisa berjalan dengan lancar seperti para alumni yang telah sukses melalui Program Aupair ini. Aku tunggu kalian bergabung di kelas periode selanjutnya ya! Tschüß.”


Seru ya mendengar kesan para peserta Aaupair/FSJ belajar Bahasa Jerman untuk pertama kali, juga mengetahui alasan mereka mengikuti program. Kalau tidak mengambil langkah sekarang, lalu kapan? Jika kamu memiliki mimpi yang sama dengan mereka, yuk kita wujudkan bersama. Berniat ke Jerman? Ini Waktu yang Tepat untuk Mengikuti Program Aupair/FSJ. Kelas Aupair/FSJ periode selanjutnya akan running pada bulan Juli 2018. Share artikel ini ke teman-teman kamu supaya mereka juga tidak ketinggalan informasi. Leave comment di bawah jika kamu ada pertanyaan. Bis bald!

(Cr: Tirani Jannatul Ma’wa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *