Berapa gaji seorang Aupair di Jerman ?

Berapa gaji seorang Aupair di Jerman ?

Mungkin Anda bertanya-tanya dan sengaja saya buatkan sendiri postingan mengenai “Berapa sih gaji seorang Aupair di Jerman?”. Apakah besar seperti gaji pekerja diluar negeri lainnya atau ?

Ya bekerja diluar negeri adalah impian banyak orang. Dengan gambaran gaji yang besar, fasilitas yang ditawarkan serta situasi dan kondisi / mencicipi kehidupan luar negeri selalu jadi mimpi kebanyakan orang. Lalu apakah semua keinginan kita itu dapat tercapat dengan mengikuti Program Aupair ke Jerman ini. Apakah Gaji seorang Aupair itu besar ? Apakah bisa memenuhi kebutuhan hidup kita dan keluarga kita yang kita tinggalkan di Indonesia ini ? Jawabannya adalah TIDAK

Bermimpi menjadi kaya raya dengan mengharapkan dan mengandalkan gaji seorang Aupair adalah hal yang mustahil, (saya sengaja buat postingan ini tersendiri, karena ada yang berkata kepada saya bahwa tidak mungkin gaji Aupair hanya kurang lebih 4 juta, palingan 15 juta dan dipotong agen / saya, hehe saya tidak akan melakukan itu mas).

Bermimpi menjadi kaya dengan Aupair adalah hal yang mustahil. Kenapa begitu ? Di awal sudah saya katakan bahwa Aupair ini berbeda dengan bekerja di Jerman, Anda tidaklah bekerja dengan menjadi Aupair, karena memang visa yang dikeluarkan bukan Visa Pekerja, tetapi Visa Aupair, dan Anda dilarang untuk bekerja paruh waktu di Jerman jika Anda mengikuti Program Aupair ini yang jika Anda lakukan bisa berakibat di black list nya Anda dari Jerman dan Anda tidak akan bisa seumur hidup ke Jerman lagi. Anda tentu tidak akan mau bukan ?

Aupair dari awal sudah saya katakan adalah sebuah Program Pengenalan Budaya dengan Tinggal di salah satu keluarga di Jerman dan berusaha menjadi bagian dari keluarga mereka (semacam program homestay). Tujuan Anda mengikuti program Homestay adalah agar Anda dan keluarga asuh Anda saling mengenal atau pertukaran budaya. Anda tidak dibebankan kerja yang berat dan membutuhkan skill yang tinggi untuk mengikuti Program Aupair ini, hanya Sertifikat A1 yang menjadi syarat mutlak mengikuti Program ini.

Gaji seorang Aupair Jerman hanyalah sebesar 260 Euro. Bagaimana menurut Anda , kecil ? Ya kecil tentu saja apalagi jika dibandingakan dengan para pekerja diluar sana yang memiliki gaji 5000 – 10.000 Euro, tentunya gaji Aupair itu tidak ada apa-apanya, tetapi mereka pekerja professional dan Anda hanyalah mengikuti program homestay di Jerman, tidak adil jika membandingkan keduanya setara.

Hanya saja Anda tidak bijak jika hanya melihat dari gaji seorang Aupair Jerman yang hanya 260 Euro. Anda hendaknya mempertimbangkan hal lainnya jika Anda mengikuti Program Aupair ini. Anda akan dibebaskan atau free : biaya tempat tinggal, biaya makan, biaya asuransi kesehatan dan biaya yang lainnya. Dengan kata lain, uang yang Anda dapatkan itu benar-benar uang saku Anda dan tidak akan dipotong apapun (bersih Anda terima). Bandingkan jika Anda harus bekerja atau kuliah di Jerman yang dengan kebutuhan tinggi sekitar 1500 – 1800 Euro, tentunya menjadi keuntungan Anda dengan mengikuti Program Aupair ini.

Penutup tulisan saya lebih baik Anda ketahui dulu apa tujuan Anda mengikuti Program Aupair ini, luruskan niat dan jangan mimpi untuk menjadi kaya dengan mengikuti program Aupair Jerman ini. Alangkah lebih bijak dan baiknya jika Anda menjadikan program Aupair Jerman ini hanya sebagai batu loncatan Anda jika ingin kuliah di Jerman atau mencari kawan / networking baru yang berasal dari seluruh dunia, karena itu memang lebih sesuai dengan tujuan Aupair yang bertujuan untuk

“Tujuan Aupair adalah agar Aupair dan Keluarga Asuh saling mengenal kultur dan kebudayaan masing-masing”

Sekian penutup dari saya, sekali lagi saya sarankan hendaknya Anda memahami terlebih dahulu apa tujuan dan maksud Aupair itu sendiri sebelum Anda memutuskan mengikuti Program Aupair ini

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *