Ausbildung, Alternatif ke Jerman Selain Kuliah

Ausbildung, Alternatif ke Jerman Selain Kuliah

Hello Leute..

Masih semangat kan buat mengejar mimpi ke Jerman? Setelah kemarin kita bahas secara detail tentang Au Pair dan FSJ, kali ini admin akan jelasin tentang program Ausbildung, Alternatif ke Jerman Selain Kuliah. Tapi sebelumnya, apa masih ada dari kalian yang berpikir kalau kuliah adalah jalan satu-satunya untuk bisa ke luar negeri? Come on guys, jangan membatasi diri kamu karena banyak jalan untuk bisa mewujudkan mimpi kamu ke luar negeri terutama Jerman. Kalau kamu masih ketinggalan informasi, bisa deh kepoin lagi artikel-artikel di web ini supaya tau cara-cara ke Jerman tanpa harus menunggu beasiswa kuliah dulu. Sayang banget kalau kamu melewatkan kesempatan yang ada, hanya karena di Indonesia sendiri masih sangat kurang informasi dan sosialisasi tentang program-program tersebut. That’s why admin is here untuk berbagi informasi dan supaya kamu lebih open minded dan gak berpikir satu arah lagi.

Nah, seperti yang kalian ketahui bahwa Jerman adalah salah satu negara favorit bagi kalangan pelajar yang mau melanjutkan pendidikan. Hal ini dikarenakan Jerman memiliki sistem dan kualitas pendidikan yang baik di setiap wilayahnya, serta biaya pendidikan yang terlampau murah dibandingkan negara Eropa lainnya. Salah satu hal yg penting untuk diperhatikan kalau kamu ingin merasakan pendidikan di Jerman adalah memilih program atau institusi yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan kamu. Simak baik-baik nih beberapa pilihan yang ada di Jerman sebelum kamu menentukan mana yang paling sesuai.

  • Universitas

Pada sistem pendidikan di Universitas Jerman, berlaku keseimbangan antara pengajaran dan penelitian. Universitas lebih menekankan kepada teori dan pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian. Gelar akademik yang diberikan di universitas antara lain mulai dari Diplom (semacam S1 di Indonesia), Magister, Master dan Doktor.

  • FH (Fachhochschule)

FH juga biasa disebut dengan University of Applied Science. Sistem pembelajaran di FH lebih berorientasi ke praktek dan isi mata kuliahnya tidak dipelajari secara mendalam seperti di universitas. Penelitian yang dilakukan di FH lebih berfokus pada praktek dan lebih berbasis aplikasi. Gelar akademis yang diberikan pada umumnya adalah Diplom (FH).

Nah, itu tadi adalah institusi yang biasa dipilih orang-orang untuk melanjutkan studi di Jerman. Tapi kamu tau gak sih kalau ada satu program yang bisa jadi alternatif kamu bisa ke Jerman selain kuliah? Program yang satu ini sedikit berbeda dari universitas dan Fachhochschule. Kira-kira apa ya?

Di Jerman, ada sebuah program yang bernama Ausbildung. Apa itu Ausbildung? Jadi Ausbildung adalah sebuah program bekerja sambil belajar (magang) selama 3 tahun di sebuah perusahaan di Jerman. Di sana kamu akan bekerja selama 3 hari dan 2 harinya sekolah (Berufschule) sesuai bidang Ausbildung yang kamu pilih. Kesempatan ini diberikan karena negara Jerman membutuhkan banyak tenaga kerja asing di berbagai bidang. Tujuan dari Program Ausbildung adalah untuk memberikan pengalaman kepada pemuda/i diluar Jerman tentang bagaimana menjalani kehidupan & etos kerja di Jerman. Sehingga kamu bisa mengasah skill kamu sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja. Selama mengikuti program, kamu bisa mendapatkan penghasilan, yang besarnya relatif antara 360 sampai 500 Euro setiap bulan (tergantung tempat Ausbildung). Hal ini menjadi nilai plus karena disamping belajar dan praktek di lapangan sesuai bidang yang kamu pilih, kamu juga mendapatkan penghasilan sendiri.

Lama masa Ausbildung berbeda-beda, tergantung di mana kamu akan melakukan praktek, biasanya Ausbildung berlangsung selama tiga tahun. Di beberapa Berufsschule, teori diajarkan antara satu sampai dua hari per minggu, tetapi tidak jarang juga ada beberapa Berufsschule yang menerapkan sistem blok, yaitu teori dipelajari dalam kurun waktu tertentu dan sisanya praktek di perusahaan. Melalui program Ausbildung ini, kamu dilatih menjadi seorang profesional di bidang yang kamu pilih. Program ini sangat terkenal di kala ngan anak muda Jerman karena selain mendapat penghasilan, kesempatan bekerja juga lebih besar. Orang- orang dari luar Jerman juga mulai banyak mengikuti program Ausbildung, Alternatif ke Jerman Selain Kuliah. Setelah menyelesaikan program Ausbildung, kamu akan mendapatkan sertifikat Ausbildung internasional yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di seluruh penjuru dunia. Beberapa program Ausbildung juga bisa mendapatkan gelar setara Diplom (sarjana). Berdasarkan regulasi dari pemerintah Jerman, ada beberapa bidang Ausbildung yang bisa diikuti oleh Ausländer (orang asing) yaitu di bidang Hotel, Resort, Restaurant, dan Altenpflege. Bidang-bidang tersebut bakal admin bahas selanjutnya yaa.

Nah sekarang kamu udah tau kan kalau ada program Ausbildung, Alternatif ke Jerman Selain Kuliah. Keuntungannya, selama belajar dan magang di perusahaan, kamu juga dapat penghasilan. Kurang apa lagi coba? So, wait for the next article karena admin akan bahas lebih lanjut tentang bidang-bidang Ausbildung. Ohya kalau kamu masih ada pertanyaan bisa langsung leave comment di bawah. See ya..danke schön

(Cr: Tirani Jannatul Ma’wa)

4 Comments

  1. Syarat untuk ikut ausbildung ga harus selalu pria kan? Berapa usia maksimal dan apakah tingkat ke fasihan bahasa jerman harus B1/B2?
    Terimakasih.

    1. Hallo Kanigia,
      iya untuk semua gender bisa kok. Semakin fasih bahasa jerman kamu semakin baik. Untuk persyaratan yang lainnya kamu bisa tanya ke Admin Rishka : 0852.1667.6672 (Call/WA) atau gak tungguin postingan Admin selanjutnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *