Apa sih tugas-tugas Aupair itu ? Apakah sama dengan Baby Sitter ?

Apa sih tugas-tugas Aupair itu ? Apakah sama dengan Baby Sitter ?

Apakh sebenarnya tugas seorang Aupair itu ? Apakah sama dengan Baby Sitter ? Ini adalah pertanyaan yang paling sering saya dengar bagi orang yang masih awam sekali dengan Aupair. Mau tahu ? Yuk simak tulisan saya.

Bagi Anda yang baru mengenal kali ini tentang Aupair itu pasti selalu bertanya-tanya, apa sebenarnya Tugas Aupair ? atau bahasa umumnya ” Kita disana nanti kerja apa aja mas ?” Itulah yang selalu ditanyakan ke saya

Amat mudah tentunya jika calon peserta yang akan mengikuti Program Aupair Jerman ini sebelumnya sudah memiliki kawan / saudara atau siapa saja yang dikenalkan yang sudah mengikuti Program Aupair ini, jadi biasanya calon Aupair hanya datang ke saya untuk menguatkan mental dab bertanya hal-hal praktis yang sifatnya administratif.

Awal penjelasan saya jika ada yang bertanya apa itu Aupair maka saya lebih senang menyebutnya dengan istilah ” homestay “, kita akan tinggal dengan salah satu keluarga jerman, berusaha menjadi bagian dari mereka dan sekaligus belajar budaya Jerman langsung dari orang Jermannya sendiri.

Banyak fasilitas yang akan kita dapatkan tentunya dengan mengikuti Program Aupair ini, diantaranya : Tempat Tinggal Gratis, Makan Gratis, Kursus Bahasa Jerman Gratis, Asuransi Kesehatan Gratis, bahkan ada beberapa keluarga yang berbaik hati kita akan diberikan semacam tiket bulanan yang dapat kita pakai untuk berkeliling Eropa dengan gratis.

Lalu apa kontribusi yang kita lakukan setelah semua fasilitas yang kita dapatkan di atas ? Kita hanya membantu mengurus anak mereka dan mengerjakan pekerjaan ringan rumah tangga. Yaa hanya itu, jika teman saya berkata malah tugasnya amat sangat terbatas. Atas dasar pemikiran inilah banyak yang salah mengartikan mengenai Aupair itu, mereka banyak yang menyangka ini adalah semacam baby sitter atau pembantu rumah tangga, haha. Saya tidak sepenuhnya menyalahkan mereka sih jika seperti itu, karena memang promosi Program Aupair ini belumlah telalu dikenal dan hanya diketahui oleh segelintir orang saja.

Saya tegaskan sekali lagi tugas-tugas seorang Aupair ini tidaklah sama dengan baby sitter atau pembantu rumah tangga. Aupair ini memiliki jam kerja yang terbatas hanya 30 Jam / minggu. Berbeda dengan baby sitter disini yang mulai bekerja sejak si anak bangun tidur sampai si anak tidur lagi. Sedangkan Aupair jam kerjanya terbatas hanya 30 Jam / minggu seperti yang saya sebutkan di atas, bisa dibagi menjadi 6 x 5 hari atau 5 x 6 hari.

Teman saya yang merupakan alumni program ini pernah mengatakan kepada saya bahwa , ” Kalo dibilang masalah kerjaan mah enak jadi Aupair, gak cape. Gw cuma nyapu seminggu sekali, bersihin kaca seminggu sekali, nyiapin makanan sarapan pagi dan bersihin kamar gw sendiri “. Itu yang dikatakannya. Memang menurut undang-undang yang ada tugas Aupair itu adalah membentu tugas tingan rumah tangga : Mencuci mobil, memotong rumput atau pekerjaan berat dan kasar lainnya bukan lah merupakan tugas seorang Aupair. Seorang keluarga Jerman yang kaya biasanya selain mempekerjakan Aupair juga mempekerjakan Putzfrau, nah inilah yang biasanya melakukan pekerjaan-pekerjaan berat di rumah tangga

Bagaimana penjelasan saya di atas masih kurang jelas mengenai perbedaan Aupair dengan baby Sitter atau Pembantu Rumah Tangga ? Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah jika masih ada pertanyaan.

Terima Kasih

Salam Hangat

Info Aupair

Info Aupair Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *