Apa sih Keuntungan Program Ausbildung?

Apa sih Keuntungan Program Ausbildung?

Guten Morgen an alle!

Makin penasaran ya tentang program Ausbildung setelah admin jelasin tentang Bidang-bidang Ausbildung di Jerman kemarin? Nah kali ini admin mau kasih tau Apa sih Keuntungan Program Ausbildung? Setelah baca article ini, pasti kamu semakin yakin deh untuk tidak melewatkan kesempatan emas ini dan menjadi selangkah lebih maju daripada orang lain!

Yup! Seperti yang sudah admin jelaskan sebelumnya, ketika kamu mengikuti program Ausbildung, kamu akan mendapatkan kontrak selama 3 tahun dari perusahaan di Jerman sesuai bidang yang kamu inginkan, dimana kamu akan magang (praktek) selama 3 hari dan belajar teori di Berufschule selama 2 hari. Karena kamu magang itulah kamu juga akan mendapatkan penghasilan yang biasanya meningkat setiap tahunnya. Jadi ga perlu lagi tuh khawatir merepotkan orang tua soal biaya hidup, karena kamu udah bisa mandiri secara finansial, plus bisa jalan-jalan keliling Eropa pakai uang sendiri deh! hehe

Gimana? Masih mau tau lagi? Apa sih Keuntungan Program Ausbildung? alright guys, let’s check them out!

  • Penghasilan bulanan.
    Seperti yang udah admin singgung tadi, kamu akan mendapatkan gaji dari pihak perusahaan sesuai dengan standart Jerman. Biasanya pada tahun pertama Azubi digaji 375 euro/bulan dengan kenaikan 10% tiap tahun. Jadi, pada tahun ke-dua Azubi digaji sekitar 413 euro/bulan dan pada tahun ke-tiga sekitar 455 euro/bulan. Gaji tersebut adalah gaji bersih dan sudah dipotong untuk tempat tinggal dan makan.
  • Asrama tempat tinggal.
    Jadi kamu ga perlu khawatir lagi ya mau tinggal dimana, karena udah diberi fasilitas dari perusahaan. Biasanya dalam 1 kamar diisi maksimal 2 orang, dengan fasilitas asrama antara lain dapur, peralatan masak, kulkas, kamar mandi, dan mesin cuci untuk dipergunakan bersama, dan sudah termasuk biaya listrik, air, dll. Mantap kan?
  • Makan dan minum.
    Kamu ga perlu khawatir juga soal makan dan minum karena sudah disediakan oleh perusahaan. Untuk kamu yang Muslim, perusahaan juga mengerti dan akan menyediakan makanan dan minuman yang halal.
  • Asuransi kesehatan selama 3 tahun.
    Selama kontrak kerja 3 tahun kamu akan mendapatkan asuransi kesehatan dari perusahaan yang bisa kamu gunakan ke dokter sewaktu-waktu kamu sakit.
  • Tiket penerbangan One-Way (Jakarta-Frankfurt).
    Perusahaan akan memfasilitasi kamu tiket penerbangan, yang nantinya akan diganti dari gaji bulanan yang dipotong maksimal sebesar 40 euro/bulan.
  • Transportasi pulang-pergi ke sekolah (Berufschule).
    Kamu ga perlu khawatir juga masalah jarak dari asrama ke sekolah. Karena biaya transportasi pulang-pergi akan ditanggung oleh perusahaan.
  • Merasakan kehidupan dan lingkungan kerja profesional di Jerman.
    Jerman adalah negara multikultural. Kamu mungkin bisa menemui orang dari berbagai penjuru dunia di sana. Kamu bisa mempelajari budaya dan etos kerja di Jerman yang tentunya bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bahkan menularkannya kepada orang lain.
  • Libur 2 hari/minggu dan cuti 24 hari dalam setahun setelah bekerja selama 1 tahun.
    Bekerja dan belajar di Jerman bukan berarti kamu harus menginvestasikan seluruh waktumu seluruhnya. Karena kamu juga berhak mendapatkan waktu libur loh.. Kamu bisa gunakan waktu tersebut jika ada kepentingan, sakit atau bahkan jalan-jalan. Yeeey!
  • Meningkatkan skill Bahasa Jerman.
    Karena kamu berada di Jerman dan menggunakan Bahasa Jerman dalam bekerja dan sekolah, maka otomatis skill Bahasa Jerman kamu akan terasah dan meningkat.
  • Menambah teman dan pengetahuan.
    Berada di negara multikultural akan mempertemukanmu dengan banyak orang dari berbagai negara dengan bermacam karakter sehingga kamu bisa bertukar pikiran dan belajar banyak hal.
  • Meniti karir di Jerman.
    Jika kamu belajar dengan baik dan memiliki kinerja yang baik pula, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk direkrut oleh perusahaan terkait loh. Setelah menyelesaikan program Ausbildung, kamu bisa memperbarui kontrak dan menjadi pekerja tetap di sana atau di perusahaan manapun yang kamu mau.
  • Program Non-skill.
    Maksudnya, kamu tidak perlu memiliki background pendidikan yang berkaitan dengan bidang Ausbildung yang kamu pilih. Baru lulus SMA? Pernah kuliah? Bisa. Yang penting kamu punya skill Bahasa Jerman minimal B1 yaa..
  • Bisa melanjutkan kuliah.
    Setelah program Ausbildung, bisa banget loh kalau kamu mau melanjutkan kuliah di Jerman. Apalagi kamu sudah punya ilmu dan pernah mengaplikasikannya di perusahaan terkait, pasti pintu terbuka lebar kalau kamu mau berusaha.
  • Sertifikat Ausbildung Internasional.
    Setelah 3 tahun mengikuti program dan lulus ujian, kamu akan memperoleh sertifikat Ausbildung yang berlaku dan dapat digunakan untuk melamar pekerjaan di negara manapun.

Yeey itu beberapa hal yang bisa kamu dapatkan kalau mengikuti program Ausbildung. Sekarang udah ga penasaran kan Apa sih Keuntungan Program Ausbildung? dan pasti semakin yakin dong untuk ikut program ini.

Kalau kamu belum tau persyaratannya, akan admin bahas di next article ya. Jangan lupa share informasi ini ke teman kamu dan silakan leave comment di bawah jika masih ada pertanyaan.

Viele Grüße

(Cr: Tirani Jannatul Ma’wa)

10 Comments

    1. Halo Sumaru,
      kalau untuk mengambil S1 tetap harus studkol, karena studkol sendiri kurang lebih sebagai penyetaraan. kamu bisa hubungi Admin Rishka : 0852.1667.6672 atau Admin Anes : 083808050008 (Call/WA) ya untuk info lebih lanjut ya

  1. Apakah ada jurusan mekanik atau elektro pada ausbildung ini? Dan dimanakah kita bisa lihat informasi perusahaan yg menerima ausbildung?

    1. Halo Yasir,
      untuk Auslander atau orang asing bidang yang bisa dipilih sangat terbatas mas, untuk info selengkapnya kamu bisa hubungi Admin Rishka : 0852.1667.6672 atau Admin Anes : 083808050008 (Call/WA) ya untuk konsultasi lebih lanjut ya

    1. Halo marco,
      kalau untuk program ausbildung untuk Auslander atau orang asing hanya tersedia 2 bidang mas jika apply dr indo, tapi jika mas apply langsung di jerman kemungkinan bidang yg dipilih lebih banyak. kamu bisa konsultasi lebih lanjut dengan admin konsultasi Admin Rishka : 0852.1667.6672 atau Admin Anes : 083808050008 (Call/WA) ya

    1. Hallo Jaenal,
      untuk bidang ausbildung jika kamu apply dari indo bidang yang bisa dipilih sangat terbatas ya yaitu hanya 2 bidang saja gastronomi dan Altenpflege (panti jompo). Tapi jika mas apply di jerman langsung, bidang yg bisa dipilih lebih banyak kamu bisa konsultasi lebih lanjut dengan admin konsultasi Admin Rishka : 0852.1667.6672 atau Admin Anes : 083808050008

  2. Aku baru lulus magister bahasa jepang bulan februari tahun ini. Umur 27 tahun. Kira-kira tersedia kerja apa saja ya? Dan apakah dikenakan biaya pelatihan sebelum berangkat ke sana? Misalnya biaya pelatihan u/ keterampilan kerja n bahasa.

    1. Hallo Gina,
      kami hanya meneyediakan program au pair, fsj dan ausbildung. dan bisa dipilih dengan disesuaikan tujuan kamu ke jerman juga. untuk di jerman semua programnya free biaya hidup tapi selama di indo ada biayanya kan ada kursus bahasa juga segala macam.kamu bisa konsultasi lebih lanjut dengan admin konsultasi Admin Rishka : 0852.1667.6672 atau Admin Anes : 083808050008

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *