Menganggap Remeh Pekerjaan Sebagai Admin di YAIJ (Yayasan Aupair Indonesia Jerman), Wanita Ini Merasakan Akibatnya

Menganggap Remeh Pekerjaan Sebagai Admin di YAIJ (Yayasan Aupair Indonesia Jerman), Wanita Ini Merasakan Akibatnya

Yayasan Aupair Indonesia – Jerman memiliki program sosial yaitu magang di lembaga selama 18 bulan. Tujuan dari program ini adalah memberikan kesempatan untuk siapapun yang ingin mewujudkan impian pergi ke Jerman melalui program Aupair, FSJ atau Ausbildung. Semua biaya seperti kursus bahasa Jerman, pengurusan dokumen-dokumen yang perlu disiapkan, hingga tiket keberangkatan pesawat ke Jerman, semua dibiayai oleh YAIJ.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas pengalaman salah 1 peserta magang YAIJ yaitu Ningsih Utari. Wanita asal Medan ini memiliki nama panggilan Tari. Tari adalah salah satu peserta magang YAIJ Bacth 5. Tari memulai menjadi peserta magang Bacth 5 pada bulan September 2018, itu artinya ia telah menjalani masa magangnya selama  3 bulan. Tari sudah magang di YAIJ ± selama 3 bulan.

Setiap peserta magang memiliki tugas tersendiri dari Herr Ayunk, begitupun Tari. Ia mendapatkan tugas utama sebagai Talent. Tugas Talent adalah menjadi seseorang yang mampu mempromosikan seluruh Program YAIJ melalui media sosial seperti Instagram, Fanpage juga Youtube.

Namun sebagai seorang Talent, ia dituntut untuk mengetahui dan menguasai knowledge tentang Program dari YAIJ. Sehingga ia bisa menjawab dengan baik dan benar setiap pertanyaan dari para peserta yang ingin berkonsultasi secara live melalui Live Instagram yang diadakan seminggu 3x.

Oleh karena itu selain menjadi seorang Talent, Tari diminta Herr Ayunk untuk menjadi seorang Admin. Tugas seorang Admin adalah sebagai konsultan bagi teman-teman yang ingin mengetahui lebih jelas tentang program Aupair, FSJ ataupun Ausbildung, dokumen-dokumen apa saja yang harus disiapkan jika ingin mengikuti salah satu dari 3 program  tersebut, hingga rincian biaya yang harus dikeluarkan.

Berawal menjadi Talent di YAIJ, Tari berkesempatan untuk merasakan menjadi admin di YAIJ. Awalnya Tari beranggapan menjadi admin itu mudah karna sebelumnya ia memiliki basic marketing, berjualan dan menghadapi orang. Tapi nyatanya tidak semudah itu ferguso hehe. “Ternyata ngadepin orang yang kita temui langsung sama ngadepin orang dari telfon itu beda“ ungkap Tari.

Tari mengaku bahwa jumlah chat yang masuk itu sangatlah banyak. Ia juga merasa sangat terkejut karna jumlah chat yang harus ia balas itu banyak sekali. Ekspresi wajah Tari  saat menunjukan bahwa menjadi admin di YAIJ sangat menggambarkan kesulitan yang mendalam. Rasa-rasanya seperti habis memakan cabai rawit 1 ton – begitu frustasi.

Saat ditanyakan tentang “pertanyaan yang paling diingat?” Tari mengaku pertanyaan yang sangat ia ingat adalah pertanyaan yang seharusnya tidak ditanyakan karna membuat ia gemas. ”ka, ini ada biayanya?” Tari meniru suara calon peserta. Ia pun menjelaskan bahwa ketika sudah di Jerman biaya hidup memanglah gratis, akan tetapi persiapan selama di Indonesia seperti kursus bahasa Jerman, pengurusan paspor, visa, dll Itu diperlukan biaya.

Bukan hanya menerima pertanyaan dari calon peserta, Tari juga pernah mendapatkan pertanyaan dari orang tua calon peserta. Ia merasa pertanyaan-pertanyaan dari orang tua calon peserta cukup sulit karena harus benar-benar memahami apa yang ditanyakan dan bagaimana harus menjelaskan saat menjawab pertanyaan orang tua calon peserta agar para orang tua calon peserta mengerti.

Selain pertanyaan yang Tari anggap sulit. Tari mendapatkan pertanyaan yang ia anggap menyebalkan. Yaitu menanyakan hal yang sama berulang-ulang “ini program beasiswa?“. Tari pun menjelaskan bahwa program Aupair, FSJ dan Ausbildung itu bukanlah program beasiswa tetapi cara alternatif untuk kamu yang ingin pergi ke Jerman merasakaan pertukaraan budaya ataupun bekerja di perusahaan Jerman. Setelah dijelaskan calon peserta itu menanyakan hal yang sama lagi “tapi saya maunya beasiswa?“. Itu yang Tari anggap pertanyaan yang menyebalkan karna mengulang pertanyaan yang sama.

Bukan hanya itu, Tari juga mengaku pernah menghadapi calon peserta laki-laki yang memarahinya karna merasa kecewa tidak bisa mengikuti program Aupair.

Sebagai admin, Tari pun menjelaskan dengan jelas dan sabar “sebenarnya bisa bang, abang ikut program aupair cuman berangkatnya lama. Abang mau dialihkan ke program lain yang bisa cepat memberangkatan peserta laki-laki tapi abang udah marah-marah duluan sama aku“.

Tari juga memberitahu jika calon peserta ingin mengerti dan menjelaskan apa yang calon peserta mau dengan baik-baik tidak dengan marah-marah, Tari siap membantu calon peserta.

Selama Tari menjadi admin di YAIJ, Tari dimentori oleh mba Anes. Mba Anes juga salah satu peserta magang di YAIJ yang akan memasuki kelas pelatihan bahasa Jerman pada tanggal 18 Desember 2018 untuk persiapan pergi ke Jerman. Yang diperkirakan berangkat ke Jerman pada bulan Mei atau Juni 2019. Sebelum memasuki kelas untuk pelatihan bahasa Jerman, mba Anes adalah salah satu admin di YAIJ. Mengaku pernah berbeda pendapat unuk membalas chat para calon peserta yang bertanya dengan mba Anes. Tidak membuat Tari kesal, melainkan membuat Tari banyak belajar dari sang mentor bagaimana cara membalas chat dan menjawab pertanyaan dari para calon peserta.

Namun terlepas dari semua keluh kesah pengalaman menjadi seorang Admin di YAIJ. Tari merasa manfaat menjadi admin di YAIJ yaitu agar ia lebih paham mengenai program yang disediakan YAIJ seperti Aupair, FSJ dan Ausbildung dan melatih kesabaran menghadapi karakter seseorang yang berbeda-beda.

Tari juga menuturkan kesan-kesan selama ia menjadi admin di YAIJ. Kesan-kesan yang ia rasakan seperti banyak lucunya, ada senangnya, ada kesalnya, melatih mental, “pokoknya nano-nanolah” ucap Tari dalam video.

Di akhir video Tari berpesan untuk para calon peserta ”budayakanlah membaca, karna penjelasan yang kita berikan rinciiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii sekali”. Tari juga berpesan jika ada point yang kurang dipahami bisa langsung ditanyakan tapi jangan mengulang pertanyaan yang sama.

Jadi, apa kamu termasuk para calon peserta yang pernah chatting dengan Tari?

Cukup segitu dulu ya pembahasan tentang pengalaman Tari menjadi admin di YAIJ. Untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang keseruan para pesereta magang di YAIJ, kamu bisa kunjungi channel youtube YAIJ dan jangan lupa subscribe ya agar kamu gak ketinggalan info-info penting seputar Aupair, FSJ dan Ausbildung.

Video pengalaman tari menjadi admin infoaupair :

https://www.youtube.com/watch?v=Go5MY9LZSYc&t=182s

 

(Cr : Dodi Al Kusuma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *