Ke Jerman melalui beberapa program : “Mana yang lebih baik? Aupair, FSJ, atau Ausbildung?”

 

 

1. MENGAPA JERMAN?

Sebelum aku menjelaskan tentang 3 program tersebut, mungkin ada pertanyaan yang sering muncul dibenak kalian.
Mengapa harus ke Negeri Jerman?
Mengapa tidak ke Negeri Paman Sam?, Negeri kincir angin?, atau Negeri matahari terbit?
dan mengapa kita lebih menyukai Negeri yang memiliki Stasiun terbesar di Eropa?

Ini dia Rahasia kelebihan dari Negara Jerman!
Kalian perlu ketahui kalau Jerman merupakan salah-satu negara favorit di kalangan para pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Ini dikarenakan Jerman memiliki sistem pendidikan yang baik, rata-rata setiap Universitas memiliki standar pendidikan yang sama. Biaya kuliah di Jerman juga terlampau murah dibandingkan negara-negara Eropa lainnya.

Kedua, Jerman bergabung dalam perjanjian “schengen”. Keuntungannya yaitu teman-teman dapat berkeliling eropa ke negara-negara seperti Perancis, Belgia, Belanda, Italia, Austria dan sebagainya tanpa perlu mengurus visa lagi.

Ketiga, Jerman merupakan negara dengan ekonomi yang kuat, sistem kesehatan yang baik dan banyak kelebihan lainnya.

nah sekarang yuk kita masuk tentang program Aupair, FSJ, dan Ausbildung.

2. Apa itu Aupair?
Aupair itu program pertukaran budaya untuk pemuda-pemudi berusia 18-26 Tahun untuk menjadi bagian dari keluarga di Jerman. Pada dasarnya konsepnya homestay yakni aupair tinggal langsung dengan keluarga asuh/Gast Familie selama 1 tahun. Seperti yang di jelaskan di atas kalau aupair itu bagian dari keluarga maka perlakuan, biaya hidup: makan, minum serta asuransi kesehatan adalah tanggungjawab dari gastfamilie. Seorang aupair juga diberikan kursus bahasa Jerman untuk memperdalam bahasanya, dan uang saku/uang jajan sebesar 260 euro/bulan.

Tugas aupair disini apa?
Tugas aupair yaitu menyayangi anak-anak Gastfamilie seperti adiknya sendiri. Jadi ibarat adik kita dirumah nih, sebagai kakak tentunya kita menjaga, memberi makan, membantunya dalam PR/Tugas sekolah ataupun kegiatan-kegiatan lainnya. yang pastinya kita bertanggungjawab penuh terhadap adik kita.

Oh yah mungkin pertanyaan buat teman-teman nih. Saat kalian tinggal bareng orang tua, apakah kalian mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu? merapikan tempat tidur, mencuci baju, masak, ataupun mengepel??
Jawabannya pasti “iya”. Adanya bisa-bisa kalian dimarahin habis-habisan sama mama kalau kerjaannya tidur-makan, tidur-makan melulu.
Begitupun dengan Gastfamilie/keluarga asuh kita dijerman.Kita juga melakukan pekerjaan rumah ringan selama tinggal di sana.

Eitsss tapi jangan dulu samakan pekerjaan rumah di Indonesia sama pekerjaan rumah di Jerman.
Contohnya nih kalau di indonesia kita nyapunya sehari 3 kali yang udah kayak jatwal minum obat, tapi debunya ada-lagi, ada-lagi.
Kalau di Jerman, kita jarang banget nyapu, adanya ngisap debu mengunakan mesin, itupun seminggu sekali aja.
Terus untuk masak, masakan di Jerman cenderung lebih simple, dan tidak mengunakan begitu banyak rempah-rempah.
Gampang bukan?

3. Apa itu FSJ ?
FSJ itu kerja sosial dipanti jompo atau tempat anak-anak penyandang disabilitas. Mengapa hanya terdapat 2 bidang, hal ini dikarenakan untuk auslander/orang asing yang bukan berasal dari eropa memang hanya disediakan 2 bidang tersebut. Tapi pada dasarnya fsj sendiri memiliki bidang-bidang yang lebih luas daripada itu.
Bedanya dengan aupair yang tempat tinggal serta kehidupan sehari-hari bareng keluarga, untuk fsj sendiri tempat tinggal di asrama dan kerjanya di panti.
Seperti halnya fsj adalah kerja sosial, maka konsep fsj sendiri adalah kerja volunter/sukarela. Uang saku yang didapatkan yakni 300-500 euro/bulan.
Keuntungan menjadi fsj sendiri bagitu banyak seperti : mendapatkan kartu fsj yang bisa digunakan untuk masuk musium/tempat wisata, mendapatkan 25 kali seminar di Jerman atau negara tetangga, asuransi kesehatan dan masih banyak keuntungan-keuntungan lainnya.

4.Apa itu Ausbildung?
Ausbildung adalah kerja magang yang dikususkan untuk pemuda-pemudi berusia 18 sampai 27+ tahun. Berbeda dengan fsj yang kerja volunter untuk ausbildung sendiri konsepnya berufschule. berufschule adalah seorang azubi (sebutan untuk orang yang mengikuti ausbildung) dalam seminggu mengikuti kelas untuk belajar selama 2 hari, dan selanjutnya 3 hari bekerja atau praktek langsung di perusahaan Jerman.
keuntungan dari ausbildung adalah kalian merasakan benar-benar bagaimana situasi lingkungan kerja di Jerman, mendapatkan gaji bersih 370 euro/bulan dan mendapatkan kenaikan 10% tiap tahunnya, mendapatkan sertifikat (international) ausbildung yang dapat digunakan untuk melamar di perusahaan jerman maupun negara eropa lainnya.

5.  Pertanyaannya sekarang, mana yang lebih baik Aupair, FSJ, atau Ausbildung?

JAWABANNYA ADALAH APA TUJUAN KAMU UNTUK DATANG KE JERMAN.

Kalau tujuan awal kamu adalah kuliah, maka program yang tepat adalah dengan mengikuti program aupair karena aupair sendiri sistemnya lebih santai dan kamu memiliki banyak waktu untuk belajar budaya dan memperdalam bahasa.
Nah belajar budaya dan memperdalam bahasa akan sangat berguna sebagai persiapan kamu sebelum melanjutkan kuliah.
Durasi aupair sendiri pun hanya 1 tahun atau tidak terlalu lama.

Kalau tujuan awalmu traveling/hanya pengen mengeksplore negara Jerman dan sekitarnya. Mengikuti program aupair juga adalah pilihan yang tepat.

Kalau tujuan awalmu pengen kerja tapi tidak terlalu fokus, maka program yang tepat adalah FSJ. Karena seperti dijelaskan di pemahaman di atas kalau fsj itu kerja volunter atau sukarela.

kalau tujuanmu benar-benar ingin kerja di Jerman. mengetahui etos kerja orang Jerman, lingkungan kerja, dan sebagainya yang berhubungan dengan pekerjaan. maka Ausbildunglah pilihannya..

SO GUYSSS..
PERTANYAANNYA KAMU MAU PROGRAM YANG MANA?

 

12 Comments

  1. mau tanya?
    kalau pingin kuliah di teknik bagusnya apa?
    soal nya ktanya aupair kebanyakan cwek dan fsj lebih ke cowok…
    jika saya pria…lebih baik yg mana?

  2. Hi saya sedang cari info kerja di Jerman. Mohon lebih dijelaskan syarat untuk program AFJ n Ausbildung, apakah ada batas usia, pendidikan, dll. Trims.

    BRegards,
    Ika

    1. Halo Muhammad,
      untuk tiket pesawat ditanggung oleh peserta ya kecuali untuk program Ausbildung akan dibayarkan terlebih dahulu oleh pihak perusahaan nanti akan dipotong dari uang saku kamu maks 40 euro/bulan. untuk info selengkapnya kamu bisa hubungi Admin Rishka : 0852.1667.6672 atau Admin Anes : 083808050008 (Call/WA) ya untuk konsultasi lebih lanjut ya

  3. Hai kalo program ausbildung ada batasan umur nya gak mba ? Saya ada kirim wa ke no mba rishka dan mba anes. Tapi belum di balas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *